https://jatim.times.co.id/
Berita

Universitas Brawijaya Jadi Tempat Gelaran Bark Beetles Academy 2024

Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:07
Universitas Brawijaya Jadi Tempat Gelaran Bark Beetles Academy 2024 Rektor UB dan Wakil Rektor 1 bersama dengan tim dari Michigan State University USA. (Foto: Istimewa)

TIMES JATIM, MALANGUniversitas Brawijaya resmi menjadi tuan rumah dalam gelaran Bark Beetles Academy 2024. Sebuah acara yang membahas tentang bark beetle, yaitu serangga yang merupakan hama penting bagi pohon konifer dan lebar daun. Gelaran ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kolaborasi internasional dalam penelitian serangga khususnya Bark and ambrosia beetles.

Bark Beetles Academy 2024 merupakan hasil kerjasama antara Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan UB, UPT Laboratorium Riset Terpadu UB, dan University of Florida, USA.

Acara berlangsung dari tanggal 14 hingga 18 Oktober 2024, dimulai dengan diskusi tindak lanjut kerjasama antar institusi yang dihadiri oleh Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., Wakil Rektor 1 bidang akademik, Prof. Dr. Imam Santoso, Perwakilan dari Departemen Hama dan penyakit tumbuhan UB, Prof. Dr. Agr. Sc. Hagus Tarno, SP., MP., Kepala UPT LRT, Dr. Yuni Kilawati, S.Pi., M.Si., Dr. Jiri Hulcr dari University of Florida dan Dr. Sarah Smith dari Michigan State University.

Diskusi tersebut fokus pada publikasi bersama dan pertukaran mahasiswa. Kegiatan dilanjutkan diskusi di depatemen Hama dan Penyakit Tumbuhan FP UB dengan Ketua Departemen HPT (Dr. Mochammad Syamsulhadi, S.P., M.P.) dan Sekertaris Departemen HPT (Irisa Trianti, SP., MP., M.Sc., Ph.D.)

Pada malam hari yang sama, diadakan gala dinner yang dihadiri oleh peserta dari Indonesia, Australia, Laos, Kamboja, Sudan, China, Belgia, Slovenia, Thailand, Vietnam, dan India. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan UB, Wakil Rektor 1 bidang akademik, Prof. Dr. Imam Santoso, termasuk Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Prof. Dr. Ir. Maftuch, M.Si., Ketua UPT IAA, Dr. Didik Hartono, M.Pd, Ketua Program Double Degree (Prof. Dr. Agr. Sc. Hagus Tarno, SP., MP.), dan Ketua UPT LRT (Dr. Yuni Kilawati, S.Pi., M.Si.).

Rektor-UB-dan-Wakil-Rektor-1-a.jpg

Tanggal 15 Oktober 2024, acara dilanjutkan dengan Minisymposium bertajuk "Indonesian Bark and Ambrosia Beetle Research: A Century of International Collaboration" yang dibuka oleh Wakil Rektor 1 dan dihadiri oleh peserta dari berbagai negara serta mahasiswa Universitas Brawijaya.
 
Pada tanggal 16 Oktober 2024, peserta mengikuti pelatihan identifikasi “bark beetle” yang dipandu oleh Dr. Jiri Hulcr dan Dr. Sarah Smith. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam identifikasi “bark beetle”

Acara Bark Beetles Academy 2024 akan berlangsung hingga 18 Oktober, dengan salah satu kegiatan yang dijadwalkan adalah field trip ke UB Forest untuk studi lapangan.

Wakil Rektor 1 Prof Imam Santoso berharap, Bark Beetles Academy  dapat memperkuat jaringan penelitian internasional serta meningkatkan pengetahuan tentang hama ini yang dapat berpengaruh terhadap ekosistem hutan dan pertanian di Indonesia.

"Kita yakin acara ini akan punya impact yang besar terhadap bertambahnya pengetahun khususnya tentang hama, agar dapat dicegah dan ditanggulangi sehingga tidak sampai merusak ekosistem hutan dan pertanian di Indonesia," ujarnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.