https://jatim.times.co.id/
Berita

Tujuh Panelis Debat Siap Uji Paslon Pilgub Jatim

Kamis, 17 Oktober 2024 - 17:33
Tujuh Panelis Debat Siap Uji Paslon Pilgub Jatim Divisi Parmas dan SDM KPU Jatim Nur Salam saat paparan teknis Debat Terbuka Pilgub Jatim, Kamis (17/10/2024). (Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Hasil Rapat Pleno KPU Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menetapkan tujuh panelis dari unsur akademisi dalam debat publik terbuka sesi pertama antar pasangan calon Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) pada Jumat (18/10/2024) besok di Graha Unesa. Ketujuh panelis telah menandatangani pakta integritas. 

"KPU Jatim menetapkan semua panelis dari unsur akademik," terang Divisi Parmas dan SDM KPU Jatim, Nur Salam, Kamis (17/10/2024).

Nama-nama panelis yang akan menguji paparan visi misi dan program kerja pasangan calon gubernur dan wakil gubernur adalah Prof Dr H Achmad Muhibbin Zuhri, M.Ag (ahli pendidikan agama - Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Ampel), Prof Dr Drs Ec.H Muhammad Syarif, M.Si.,CMA.,CRA (ahli Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura), dan Adhitya Wardhono, S.E.,M.Si.,M.Sc.,PhD (ahli ekonomi pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember)

Kemudian Dr Sasongko Budisusetyo, CPA.,CPMA (ahli akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya), Dr Ahmad Imron Rozuli, SE.,M.Si (ahli sosiologi ekonomi dan kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmi Politik Universitas Brawijaya), dr Hidayatullah, Sp.N (ahli kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ma'arif Hasyim Latif Sidoarjo) dan Dr Rina Wahyu Setyaningrum., M.Ed.(ahli pendidikan bahasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang).

Nur Salam mengungkapkan, nama panelis memang sengaja diumumkan pada H-1 untuk menjaga kinerja.

"Panelis baru diumumkan sekarang dengan pertimbangan, termasuk di antaranya lokasi. Meskipun sebenarnya tidak ada kewajiban merilis nama panelis, khawatirnya, akan mempengaruhi kinerja panelis dan untuk rilis nama ini kita sudah minta izin. Selain itu, agar mereka fokus untuk bekerja. Kepada tim paslon, tema dan nama panelis sudah disampaikan sejak H-3 kemarin," ujar Nur Salam. 

Sementara itu, untuk tema debat publik adalah Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Lokal untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur. Adapun sub temanya adalah daya saing dan nilai tambah ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian demografi, kemiskinan dan kesenjangan. Selanjutnya adalah masyarakat digital, ketahanan sosial serta penguatan budaya dan identitas lokal.

Acara debat publik terbuka berlangsung mulai pukul 19.00 WIB yang disiarkan secara langsung oleh Kompas TV dan TVRI. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.