https://jatim.times.co.id/
Berita

Ribuan Surat Suara Pilbup Jombang 2024 Tiba di KPU, Siap untuk Pencoblosan

Senin, 21 Oktober 2024 - 19:29
Ribuan Surat Suara Pilbup Jombang 2024 Tiba di KPU, Siap untuk Pencoblosan Logistik surat suara Pilbup Jombang saat tiba di KPU Jombang, Senin (21/10/2024). (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Sebanyak 1.041.060 surat suara untuk Pemilihan Bupati atau Pilbup Jombang 2024 telah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Senin (21/10/2024). 

Jumlah tersebut sudah mencakup cadangan 2,5 persen per TPS dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun, KPU Jombang hanya memerlukan 1.039.060 lembar surat suara untuk digunakan pada hari pencoblosan.

Pengiriman ribuan lembar surat suara tersebut menggunakan satu truk yang dikawal ketat oleh personel kepolisian. Sekitar pukul 11.00 WIB, truk pengangkut surat suara tiba di Kantor KPU Jombang. 

Pintu belakang truk dibuka, dan terlihat 521 kodi yang berisi ribuan surat suara untuk Pilbup Jombang yang dijadwalkan pada 27 November 2024 mendatang.

Setelah truk dibongkar, satu per satu boks surat suara diambil oleh petugas untuk disimpan sementara di salah satu ruangan kantor KPU. Proses ini diawasi dengan cermat, dan surat suara diperiksa secara teliti.

surat-suara-Pilbup-Jombang-a.jpg

Dari pengecekan yang dilakukan, surat suara menampilkan dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam Pilkada Jombang. Paslon nomor urut 1, Mundjidah Wahab dan Sumrambah, terlihat dalam balutan busana serba putih. Sedangkan paslon nomor urut 2, H. Warsubi dan KH. Salmanudin Yazid (Gus Salman), tampak mengenakan pakaian berwarna biru langit dengan peci hitam.

Komisioner KPU Jombang, Ayatulloh Khumaini, mengonfirmasi bahwa surat suara yang telah tiba adalah untuk keperluan Pilkada Jombang. Sementara itu, surat suara untuk Pilkada Jawa Timur (Pilgub) dijadwalkan akan datang pada awal November 2024.

"Hari ini surat suara untuk Pilkada Jombang sudah tiba. Sekitar pukul 11.00 WIB tadi truk pembawa surat suara tiba di kantor KPU," katanya, Senin (21/10/2024).

Selain surat suara, logistik lain seperti kotak suara, bilik suara, tinta, dan bantalan tinta juga sudah berada di kantor KPU Jombang. Setelah semua logistik lengkap, tahap selanjutnya adalah proses pengepakan, yang akan dilakukan di Tenis Indoor Jombang.

Packing ini dijadwalkan setelah seluruh logistik Pilkada tiba di KPU, memastikan kesiapan penuh menjelang hari pencoblosan. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.