https://jatim.times.co.id/
Berita

Lahan Makam Umum Makin Sedikit, DPRD Desak Pemkot Malang Ambil Langkah Cepat

Senin, 21 Oktober 2024 - 20:19
Lahan Makam Umum Makin Sedikit, DPRD Desak Pemkot Malang Ambil Langkah Cepat Anggota DPRD Kota Malang, Bayu Rekso Aji. (Foto: Dok. Pribadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Kota Malang kini menghadapi darurat lahan makam umum. Kondisi ini disampaikan oleh para tokoh masyarakat Kelurahan Gading Kasri yang mengeluhkan keterbatasan lahan makam di wilayah mereka. Keluhan itu, mereka sampaikan kepada anggota DPRD Kota Malang.

Dari keluhan tersebut, diketahui bahwa ada beberapa makam bahkan sudah mencapai kondisi tumpuk tiga, karena tidak ada lagi lahan yang tersisa.

Keadaan ini juga terjadi di wilayah Kecamatan Klojen, yang kini sudah padat dengan pembangunan perkotaan, sehingga tidak memungkinkan pengadaan makam baru di wilayah tersebut.

Sebagai anggota DPRD Kota Malang, Bayu Rekso Aji mendesak Pemkot Malang untuk segera bertindak serius dalam menangani masalah ini. 

"Saat ini, solusi mendesak harus ditemukan dengan mencari lahan baru untuk makam di beberapa tempat, terutama yang dimiliki oleh Pemkot Malang," ujar Bayu, Senin (21/10/2024).

Salah satu opsi yang ditawarkan Bayu, yakni pemanfaatan lahan di daerah Kecamatan Kedungkandang yang selama ini banyak disewakan atau dipinjamkan kepada pihak ketiga. 

Lahan tersebut, menurut Bayu, masuk dalam zona RTH (Ruang Terbuka Hijau), sehingga jika dialihfungsikan untuk makam, fungsi RTH masih tetap dapat dipertahankan.

"Solusi ini tidak hanya mengatasi krisis lahan makam di Kecamatan Klojen dan sekitarnya, tetapi juga menjadi langkah yang bijaksana dalam memanfaatkan aset milik Pemkot Malang untuk kepentingan masyarakat," ungkapnya.

Dengan begitu, ia berharap Pemkot Malang dapat mempertimbangkan masukan ini dan mengambil tindakan konkret demi menyelesaikan problematika darurat makam yang kini dihadapi oleh warga Kota Malang.

"Dengan adanya lahan makam yang representatif, Kota Malang diharapkan bisa segera mengatasi masalah ini, memberikan kenyamanan bagi warganya serta menjaga keberlanjutan RTH di kota kita tercinta," ucapnya. (*) 

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.