https://jatim.times.co.id/
Berita

Begini Cara KAI Daop 9 Dukung Kelestarian Alam

Senin, 21 Oktober 2024 - 22:31
Begini Cara KAI Daop 9 Dukung Kelestarian Alam Pergantian bantalan rel kayu dengan bantalan rel sintetis pada jembatan di Jembatan Rel Kereta Api Kecamatan Kalibaru Banyuwangi. (Foto. Humas KAI Daop 9)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daerah Operasi (Daop) 9 Jember berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu upaya konkrit yang dilakukan adalah dengan mengganti bantalan kayu pada rel kereta api dengan bantalan sintetis di wilayah Kabupaten Banyuwangi

Inovasi tersebut juga sebagai langkah PT KAI dalam mberikan kenyamanan dan keselamatan kepada para pelanggan. 

“Tahun 2024, KAI Daop 9 Jember mendatangkan 1.654 batang bantalan rel sintetis guna menggantikan bantalan kayu yang selama ini masih banyak digunakan pada jembatan-jembatan kereta api,” kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro Senin, (21/10/2024)

Diterangkan Cahyo, bahwa selama ini KAI Daop 9 Jember memakai tiga jenis bantalan rel, yaitu bantalan kayu, bantalan besi dan bantalan beton. Bantalan beton digunakan pada mayoritas jalur di wilayah Daop 9 Jember, sedangkan untuk bantalan besi digunakan pada jalur simpan, serta bantalan kayu yang masih digunakan pada jembatan dan wesel atau perangkat pemindah jalur.

Bantalan sintetis sendiri, Cahyo menjabarkan merupakan teknologi yang sudah dikembangkan dan diterapkan di perkeretaapian Jepang sejak tahun 1980. Dipilihnya bantalan sintetis menggantikan bantalan kayu karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kemampuan peredaman yang sama seperti bantalan kayu, tetapi tahan terhadap semua bahan kimia seperti oli dan solar, perawatan mudah dengan biaya lebih rendah, memiliki usia pakai lebih dari 50 tahun serta dapat di daur ulang.

“Selama ini pada jembatan kereta api yang menggunakan rangka baja, KAI masih menggunakan bantalan kayu untuk meredam getaran dan kebisingan pada saat dilalui kereta api. Secara bertahap bantalan kayu akan digantikan dengan bantalan sintetis,” ungkapnya.

Bantalan rel memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang keselamatan perjalanan kereta api. Fungsi bantalan rel diantaranya adalah untuk menjaga lebar rel tidak berubah, meredam getaran dan suara, menjaga keseimbangan serta membagi beban kereta api ke tanah sehingga tidak menimbulkan kerusakan tanah.

“Sejak pertengahan 2022 hingga Oktober 2024, di wilayah Daop 9 Jember terdapat 44 jembatan kereta api yang sudah dilakukan penggantian dengan total bantalan sintetis yang digunakan sebanyak 2.512 batang,” tutur Cahyo.

Dengan penggunaan bantalan sintetis sebagai pengganti bantalan kayu, selain keselamatan perjalananan kereta api yang meningkat, juga menambah kenyamanan para penumpang karena kebisingan saat melalui jembatan juga akan berkurang. Disamping itu penggunaan bantalan sintetis merupakan komitmen KAI Daop 9 Jember untuk turut mendukung keberlangsungan dan pelestarian alam. 

”Semakin banyak bantalan sintetis yang dipakai, semakin banyak batang pohon yang diselamatkan dari penebangan,” ucap Cahyo. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.