https://jatim.times.co.id/
Berita

Indonesia Exploration Forum 2024 Dukung Ketahanan Migas dan Energi 

Senin, 14 Oktober 2024 - 18:15
Indonesia Exploration Forum 2024 Dukung Ketahanan Migas dan Energi  Dibukanya Indonesia Exploration Forum 2024 ditandai dengan menekan tombol secara bersama Kementrian ESDM dan Kontraktor. (Foto: Hamida/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Industri hulu migas mendorong eksplorasi besar-besaran dan mempercepat transisi dari penemuan hingga produksi. Hal ini untuk mendukung ketahanan energi untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045. Indonesia Exploration Forum (IEF) hadir sebagai respons terhadap tantangan eksplorasi. 

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Indonesia, menggelar Indonesia Exploration Forum (IEF). berlokasi di The Westin Hotel Surabaya, Senin (14/10/2024). 

Dalam sambutan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diwakili Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan ditengah meningkatnya permintaan dan transisi energi. Indonesia harus mampu menjawab tantangan untuk memperkuat ketahanan energinya melalui upaya eksplorasi yang lebih masif dan kolaboratif. 

“Forum eksplorasi ini bisa menjadi sarana untuk melakukan kolaborasi dan upaya peningkatan penemuan migas," ungkapnya. 

Dadang berharap forum ini agar dilakukan secara regular. Sehingga perkembangan eksplorasi dan upaya breakthrough dalam upaya penemuan berkelanjutan di eksplorasi dan ditingkatkan. Sementara konsumsi minyak terus meningkat sedangkan tren produksi minyak belum bisa naik. ini menjadi tantangan industri hulu migas. 

“Saya mengingatkan kembali pesan Presiden bahwa tidak menerima alasan produksi minyak turun, dan produksi minyak harus naik. Perintah dari pimpinan tertinggi sudah jelas, dan bagaimana kita bisa memanfaatkan potensi yang ada dan menjadi hasil,” ujarnya di hadapan peserta IEF. 

Dadan menambahkan, Pemerintah saat ini fokus di wilayah timur mencakup Buton, Timor, Seram, Aru dan Papua. Telah dilanjutkan joint studi dan blok migas. Saat ini ada 34 joint study eksplorasi  yang menunjukkan potensi migas di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri. 

Sedangkan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan produksi migas nasional, SKK Migas telah merumuskan strategi utama, dengan fokus yang kuat pada eksplorasi sebagai strategi jangka panjang. 

Dwi menyampaikan apresiasi kepada para explorationists SKK Migas maupun di Kontraktor KKS karena dalam perjalanan 5 tahun sudah melakukan cukup banyak pekerjaan dengan melakukan pengeboran 130 sumur eksplorasi, 11 studi regional dan lebih dari 600 study G&G. 

“SKK Migas dan KKKS sudah melakukan survei seismik 2D sepanjang sekitar 48.500 km, survei 3D seluas sekitar 10.000 km2 serta aktivitas 4 full tensor gradiometry seluas sekitar 250.000 km2. Ini adalah bukti kegiatan eksplorasi migas yang masif untuk menemukan cadangan baru,” ujar Dwi.

Dalam 5 tahun terakhir atas dukungan pemerintah, khususnya Kementerian ESDM iklim investasi di eksplorasi bisa terus ditingkatkan. Dukungan ini dengan dibuktikan banyaknya penemuan migas dalam 5 tahun terakhir. 

“Ini menunjukkan komitmen Pemerintah untuk mendorong penemuan migas untuk mencapai target jangka pendek maupun jangka panjang,” imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Eksplorasi Pengembangan Dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara menekankan pentingnya forum ini sebagai wadah bagi pemimpin industri untuk berkolaborasi dan berinovasi. 

Bertajuk "Framing the Future of Indonesia’s Oil and Gas: Massive Exploration for Indonesia Energy Security" diikuti oleh 550 peserta. Acara yang berlangsung selama dua hari 14 – 15 Oktober 2024  diharapkan menghasilkan kolaborasi dan upaya peningkatan penemuan migas. (*)

Pewarta : Hamida Soetadji
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.