https://jatim.times.co.id/
Berita

Kemenparekraf RI Launching TIC Digital Nusantara, Pusat Informasi Memanjakan Wisatawan Nusantara

Senin, 14 Oktober 2024 - 20:07
Kemenparekraf RI Launching TIC Digital Nusantara, Pusat Informasi Memanjakan Wisatawan Nusantara Kemenparekraf RI launching inovasi TIC Digital Nusantara. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), resmi melaunching Tourist Information Center Digital Nusantara atau TIC Digital Nusantara, Senin (14/10/2024).

Inovasi berbasis pusat informasi wisata lengkap dan modern ini dipastikan bakal memudahkan dan makin memanjakan wisatawan Nusantara.

TIC Digital Nusantara, dilaunching langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga S. Uno (Sandiaga Uno), bersama Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Marthini dan Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manejerial ASN-Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Giri Saptoaji.

Kehadiran TIC Digital Nusantara, merupakan babak baru lompatan tumbuh kembang sektor pariwisata Indonesia.

Bagaimana tidak, cukup dengan Scan Barcode, wisatawan bisa mendapatkan informasi referensi wisata secara lebih mudah, aman dan lengkap. Meliputi, paket wisata, hotel atau penginapan, jasa Guide, destinasi unggulan, tempat kuliner, Rent Car dan masih banyak lagi.

Termasuk memudahkan wisatawan untuk memilih tujuan wisata sesuai dengan budget atau isi kantong. Informasi yang terpampang di platform TIC Digital Nusantara ini juga dijamin sangat akurat. Karena telah dikurasi oleh stakeholder terkait.

Diantaranya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), dan lainnya.

“Dengan TIC Digital Nusantara, semua wisatawan akan lebih leluasa memilih apapun yang diinginkan baik destinasi maupun akomodasi,” ucap Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Dijelaskan, TIC Digital Nusantara, merupakan penyempurnaan dari website Kemenparekraf RI sebelumnya, Wonderful Indonesia dan Indonesia.Travel.id.

Di situ, wisatawan dapat mengakses informasi destinasi seperti Bali, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Raja Ampat, Jakarta, Likupang, Bromo, Ijen, Belitung dan lainnya.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan. TIC Digital Nusantara, bukan hanya menjadi pusat informasi wisata. Namun juga solusi promosi dan pemasaran pariwisata nusantara.

“Ini akan membantu wisatawan mengakses seluruh informasi pemasaran pariwisata yang mereka butuhkan. Seputar wisata di seluruh Nusantara. Dan diharapkan mendorong lebih banyak lagi perjalanan wisatawan di Indonesia,” ungkapnya.

Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional

dan Manajerial ASN-LAN RI, Giri Saptoaji,  menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas ide serta inisiatif pencetusan TIC Digital Nusantara. Dia berharap, inovasi ini mampu memberi manfaat pada percepatan kemajuan sektor pariwisata Indonesia.

“Semoga bermanfaat untuk kemajuan pariwisata Indonesia,” katanya.

TIC Digital Nusantara, masih Giri, merupakan hasil dari Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh LAN RI.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono, berharap kehadiran inovasi TIC Digital Nusantara mampu memudahkan dan memanjakan para wisatawan.

“Wisatawan bisa mendapatkan informasi pemasaran pariwisata yang lengkap dan aman dengan sangat mudah hanya dengan sekali klik atau Scan Barcode saja,” ucap pria pencetus inovasi TIC Digital Nusantara, sekaligus peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024.

Platform TIC Digital Nusantara, lanjut Marhen, akan menjadi pusat informasi pemasaran pariwisata berbasis teknologi yang memudahkan wisatawan dalam merencanakan perjalanan wisata dengan lebih baik dan leluasa. Hanya dengan klik atau memindai kode barcode, wisatawan dapat mengakses berbagai informasi wisata. Mulai dari objek wisata, akomodasi, transportasi, hingga layanan lainnya.

“Ada Pak Wisnu (TOP 100 paket wisata Nusantara) dan beberapa paket wisata dari mitra Online Travel Agent (OTA), Traveloka, Mister Aladin, Tiket.com, Djalanin.com, Atourin, serta masih banyak lagi,” cetusnya.

Semangat inovasi TIC Digital Nusantara, masih Marhen, sesuai target Menparekraf RI, Sandiaga Uno. Yakni untuk memanjakan wisatawan dengan informasi yang lengkap dan mudah diakses. Harapannya, akan berdampak positif pada seluruh elemen pariwisata di Indonesia.

Kedepan, TIC Digital Nusantara akan disediakan diseluruh provinsi dan kabupaten serta kota se Indonesia. Termasuk disetiap ruang publik, seperti bandara, stasiun, terminal, Pelabuhan dan lainnya.

Pembentukan platform TIC Digital Nusantara, merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur digital. Mulai dari peningkatan kecepatan, efisiensi dan digitalisasi layanan imigrasi hingga peningkatan konektivitas dan kecepatan internet.

“Bagi wisatawan, kini akses ke destinasi-destinasi utama di Indonesia seperti Bali, Lombok, Jakarta, Surabaya, Labuhan Bajo, Danau Toba, Likupang dan lainnya menjadi lebih cepat dan mudah,” cetus Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.