https://jatim.times.co.id/
Berita

Antisipasi Kebutuhan Stok Darah, Indah Kurnia Gelar Donor Darah Bareng di Sidoarjo

Senin, 14 Oktober 2024 - 19:53
Antisipasi Kebutuhan Stok Darah, Indah Kurnia Gelar Donor Darah Bareng di Sidoarjo Anggota DPR RI Indah Kurnia, bersama Suyarno, Pimpinan DPRD Sidoarjo dari Fraksi PDI Perjuangan saat kegiatan donor darah. (Foto: Dok. Indah Kurnia)

TIMES JATIM, SIDOARJO – Anggota DPR RI Indah Kurnia, bersama Pimpinan DPRD Sidoarjo dari Fraksi PDI Perjuangan Suyarno sukses menggelar kegiatan donor darah bertajuk “Setetes Darah Menyelamatkan Jiwa” Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon. Kegiatan ini merupakan inisiatif Indah Kurnia yang telah rutin dilaksanakan sejak 2018.

Dalam sambutannya, Indah Kurnia mengungkapkan, dirinya sudah membuktikan secara istiqomah sejak 2018 melaksanakan kegiatan ini.

“Selanjutnya saya ingin mengajak kawan-kawan saya seperti Abah Yarno ini untuk juga melaksanakan kegiatan donor darah,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini memudahkan masyarakat untuk berbagi melalui donor darah tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor PMI.

Suyarno, sebagai tuan rumah, menambahkan komitmennya untuk melaksanakan donor darah secara rutin setiap tiga bulan.

“Saya merasa senang bisa berbagi kepada masyarakat melalui kegiatan ini. Selain kali ini sebagai ajang syukuran, saya juga akan berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin,” ujarnya.

Donor-Darah.jpg

Dari acara tersebut, PMI berhasil mengumpulkan 69 kantong darah. Namun, dari 147 pendaftar, sebanyak 78 orang tidak dapat mendonorkan darah mereka karena berbagai kondisi kesehatan. PMI menjelaskan bahwa beberapa pendaftar tidak memenuhi syarat, antara lain karena usia di atas 60 tahun, kadar Hb rendah, dan tekanan darah tidak normal.

Sunarto (46), salah satu peserta dari Cangkringturi Prambon, menyampaikan kegembiraannya. “Sudah lama saya tidak donor, sekarang senang bisa donor lagi," ujarnya.

Sebagai apresiasi, seluruh peserta yang berhasil mendonorkan darah menerima bingkisan dari PMI dan satu paket sembako yang terdiri dari 2,5 kg beras, 1 kg gula, 1 liter minyak goreng, dan 250 gram garam. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima darah, tetapi juga menciptakan rasa solidaritas di kalangan masyarakat. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.