https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Universitas Ciputra Komitmen Persiapkan Generasi Adaptif dengan Perkembangan AI 

Senin, 14 Oktober 2024 - 19:21
Universitas Ciputra Komitmen Persiapkan Generasi Adaptif dengan Perkembangan AI  UC People AI Super User Launching Ceremony, Senin (14/10/2024) di Dian Auditorium Universitas Ciputra. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tengah menjadi perhatian berbagai kalangan. Terutama, dunia pendidikan. Tak mau ketinggalan, Universitas Ciputra mengambil langkah terobosan dengan mendeklarasikan diri sebagai Kampus AI Friendly

"AI di tangan orang yang terampil akan menjadi alat yang sangat bermanfaat. Namun, di tangan yang kurang mumpuni, AI hanya akan menjadi another good tool tanpa optimalisasi," ujar Rektor Universitas Ciputra Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc., Senin (14/10/2024). 

Yosoma, panggilan akrabnya, tidak hanya sekadar menyiapkan fasilitas pendukung saja, melainkan juga sumber daya manusia.

Sementara itu, Trianggoro Wiradinata, Direktur AI and Technology Transformation Universitas Ciputra menegaskan, pihaknya berkomitmen mempersiapkan generasi yang mampu beradaptasi dengan perkembangan AI melalui kegiatan edukatif, pelatihan, dan seminar. 

"Dalam UC People AI Super User Launching Ceremony, acara ini dikemas dengan berbagai kegiatan seperti AI Talkshow, Gallery Walk aplikasi berbasis AI, dan Workshop Generative AI,” papar Trianggoro.

Tak hanya itu, UC juga menghadirkan pembicara yang expert dibidangnya, seperti Sutedjo Tjahjadi, Director of Strategy & Investment, Metrodata Electronics Tbk. Thomas Suhardja, Director of Human Capital, Halodoc. Widarta Liunanda, Vice President Director, PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL).

"Tujuannya untuk membuka wawasan masyarakat bahwa industri juga telah menggunakan AI secara luas. Jika kita tidak mumpuni dalam hal AI, lambat laun kita akan tergerus," katanya. 

Lebih lanjut, Universitas Ciputra tidak memandang kemajuan teknologi, terutama AI, sebagai ancaman. "Namun sebaliknya, kami melihat sebagai pelecut semangat untuk terus melesat seiring dengan perkembangan zaman," imbuhnya. 

Kedepannya, Universitas Ciputra juga akan mencanangkan penerapan AI untuk seluruh program studi (prodi). "Baik prodi IT maupun non IT, namun kedalamannya berbeda-beda," pungkas Trianggoro. 

Diketahui, pada event ini juga dipamerkan inovasi mahasiswa berupa aplikasi dengan pemanfaatan AI, diataranya dalam bidang kesehatan, permainan, dan kebugaran, sehingga para pengunjung bisa merasakan secara langsung manfaat AI. (*) 

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.