https://jatim.times.co.id/
Berita

Pj Gubernur Jatim Optimistis Pilkada Serentak Berjalan Aman, Damai dan Demokratis

Kamis, 17 Oktober 2024 - 12:00
Pj Gubernur Jatim Optimistis Pilkada Serentak Berjalan Aman, Damai dan Demokratis Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono bersama jajaran Forkopimda Jatim saat penandatanganan komitmen mewujudkan Pilkada serentak 2024 yang aman, damai dan demokratis di Hotel Westin Surabaya, Rabu (16/10/2024). (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jatim)

TIMES JATIM, SURABAYA – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menandatangani Komitmen Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat Provinsi untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang aman, damai dan demokratis di Hotel Westin Surabaya, Rabu (16/10/2024).

Penandatanganan bersama tersebut dilakukan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda tingkat provinsi bersama Forkopimda kabupaten/kota se Jawa Timur menjelang Pilkada serentak pada 27 November mendatang. 

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Jatim menyampaikan optimisme, bahwa Pilkada serentak di Jawa Timur tahun ini bisa berjalan aman, damai dan kondusif.

Optimisme itu merujuk pada historis pelaksanaan Pemilu Februari lalu, yang mana kondisi Jawa Timur tidak terdapat konflik menonjol yang berpotensi merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami bersama seluruh Jajaran berkomitmen siap mewujudkan Pilkada serentak 2024 dengan aman, damai dan demokratis, agar masyarakat menikmati pesta demokrasi ini dengan senang gembira,” ujarnya.

“Pemilu lalu kita bersama-sama bisa menjaga kondusifitas. Ini berkat kerja keras seluruh pihak, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa dalam menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing, ini harus kita jaga terus dan tingkatkan di Pilkada serentak nantinya,” ungkapnya menambahkan.

Untuk itu, Pj Gubernur Adhy mengimbau agar terus dilakukan langkah-langkah strategis dalam mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang mungkin timbul dalam proses Pilkada serentak mendatang. 

“Optimalisasi kolaborasi dan peningkatan sinergitas seluruh penyelenggara Pilkada, menjadi suatu yang harus di komitmenkan bersama, sehingga Pilkada nantinya berjalan dengan aman, tertib, damai dan sukses,” tutur Adhy. 

Rakor-3.jpgPj Gubernur Adhy memberikan sambutan saat acara rapat bersama Forkompinda jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Rabu (16/10/2024). (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jatim)

Lebih lanjut, Pj Gubernur Adhy juga mengingatkan agar seluruh pihak dapat menahan diri dan menghindari berbagai hal yang dapat memicu potensi polemik di masyarakat. Seperti menghindari politisasi birokrasi, politik uang, mobilisasi SARA, intimidasi di ruang publik dan media, kecurangan dalam pemungutan suara, saling serang di media dan tindakan kekerasan.

“Kami pastikan bahwa masyarakat harus teredukasi, sehingga tidak terprovokasi dengan berbagai hal yang dapat merusak demokrasi pilkada ini,” katanya.

“Hari ini kita mendapatkan jaminan keamanan dan stabilitasasi kerawanan, kepastian hukum dan tentunya juga jaminan dari semua stakeholder agar Pilkada di Jawa Timur berjalan dengan baik, aman, damai dan terkendali,” tambah Adhy. 

Pj Gubernur Adhy juga menyampaikan, dalam mendukung semua pelaksanaan Pilkada serentak di Jawa Timur, Pemprov Jatim telah menganggarkan dana sebesar Rp1.086,3 triliun, yang mana telah dicairkan sebesar Rp600 miliar pada tahun 2023. Kemudian tahun 2024 juga sudah dicairkan Rp486,3 miliar. 

Tak hanya memastikan kondusifitas saja, Pj Gubernur Adhy berharap partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dapat meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Mengingat, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga naik.

Berdasarkan data KPU Jatim, DPT pada Pilkada serentak tahun ini ada sebanyak 31,2 juta orang pemilih, dengan jumlah perbandingan pemilih laki-laki ada 15,4 juta orang dan pemilih perempuan sebanyak 15,8 juta orang. Sementara jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 60.751 TPS yang tersebar di 38 kabupaten/kota.

“Saya berharap tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota terus meningkat, sehingga gelaran pesta demokraai ini semakin sukses dan riang gembira,” harap Adhy.

Di akhir, Pj Gubernur Adhy menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas perhatiannya dalam upaya menyukseskan Pilkada di Jatim pada tahun 2024. Sehingga apa yang menjadi harapan dan cita-cita semua bisa berjalan dengan baik.

“Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi berbagai ikhtiar kita bersama guna mewujudkan Pilkada serentak yang aman, damai, kondusif dan gembira demi kesejahteraan masyarakat Jawa Timur,” pungkasnya.

Hadir dalam Rakor Forkopimda tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se Jawa Timur ini, Ketua DPRD Provinsi, Kapolda Jatim, Kajati Jatim, Kalanti Jatim, Tenaga Ahli Mendagri, Kapoksahli V / Brawijaya, Kaskoarmada II Jatim, Kabinda Jatim, Ketua KPU Jatim dan Ketua Bawaslu Jatim.

Selain itu juga ada para bupati/wali kota se-Jatim, Ketua DPRD kabupaten/kota se Jatim, Dandim, Kapolres, Kajari, ketua pengadilan negeri se-Jatim, Ketua KPU kabupaten/kota se Jatim, Ketua Bawaslu kabupaten/kota se Jatim dan para Ketua Fraksi DPRD Jatim serta Kepala PD dilingkungan Pemprov Jatim. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.