https://jatim.times.co.id/
Berita

BPKAD Jatim Target Penerapan ETPD Menyeluruh di Tahun 2025

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:00
BPKAD Jatim Target Penerapan ETPD Menyeluruh di Tahun 2025 Kepala BPKAD Jawa Timur Sigit Panoentoen. (FOTO: Dok. BPKAD Jatim)

TIMES JATIM, SURABAYA – Percepatan penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) masih menjadi agenda Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Jawa Timur (BPKAD Jatim), Kamis (17/10/2024).

Literasi untuk meningkatkan pemahaman program tersebut pun terus dilakukan. Tujuannya, agar implementasi program ini bisa dipercepat pada tahun depan. 

Kepala BPKAD Jawa Timur Sigit Panoentoen mengatakan, ETPD merupakan program pemerintah pusat yang harus dilaksanakan.

Targetnya, 2025 semua layanan transaksi pemerintah daerah sudah berbasis elektronik. Program ini akan memudahkan sistem pelaporan keuangan yang akuntabel dan transparan.

‘’Sesuai edaran dari KPK bahwa tahun depan 100 persen harus sudah menerapkannya,’’ kata Sigit saat membuka Literasi ETPD yang digelar BPKAD Jawa Timur.

Sigit menambahkan, transaksi berbasis digital maupun elektronik sudah disiapkan. Pemerintah provinsi bersama Bank Jatim telah menyiapkan berbagai program untuk menjembatani kebutuhan masyarakat. Hanya saja, pemahaman tentang penggunaan dan manfaat transaksi berbasis digital harus terus ditekankan.

Literasi-3.jpg

"Pada forum ini, perihal ETPD dan pendukungnya akan dibahas,’’ imbuhnya. 

Ada beberapa narasumber yang dihadirkan pada forum tersebut. Antara lain, dari BPKAD Jawa Timur, Bapenda Jawa Timur, dan Bank Jatim.

Mereka menyampaikan materi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bapenda mengulas potensi PAD yang bisa dioptimalkan serta manfaat menggunakan sistem digital. Lalu, Bank Jatim memaparkan berbagai aplikasi yang ramah dan siap digunakan di masyarakat. 

Sigit juga mengatakan, ETPD menjadikan sistem pengelola keuangan daerah transparan. Efisiensi bisa diwujudkan. Selain itu, pelaporan keuangan bisa disusun dengan mudah. Sebab, semua proses transaksi tercatat secara detil. 

Pada pelasksanaannya, pemerintah sangat membutuhkan peran perbankan. Saat ini, Bank Jatim sudah bisa mendetilkan peran teknologi serta bagaimana sifat kerjanya.

‘’Harapannya peserta literasi yang sebagian besar merupakan perwakilan dari berbagai OPD di Jawa Timur memahami dan bisa menerapkan program ini denga cepat dan tepat,’’ ungkap Sigit. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.