https://jatim.times.co.id/
Berita

CEO Startup Asal Kota Malang Go Internasional, Jadi Juri 5th Korean ASEAN Business Model Competition 2024

Kamis, 17 Oktober 2024 - 12:55
CEO Startup Asal Kota Malang Go Internasional, Jadi Juri 5th Korean ASEAN Business Model Competition 2024 CEO Ngalup.co, Andina Paramitha saat menjadi juri dan mentor di gelaran 5th Korean ASEAN Business Model Competition 2024. (Foto: Dok. Pribadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – CEO Ngalup.co, Andina Paramitha mendapat kesempatan untuk Go Internasional. CEO dari start up asal Kota Malang ini, mendapat mandat menjadi mentor dan juri dalam gelaran 5th Korean ASEAN Business Model Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama Ministry of SMEs and Startups (MSS) Korea.

Dalam kesempatan ini, terdapat 10 startup yang berkompetisi, antara lain REharvest Co, Ltd. (Korea) Bahan Tambahan Makanan Ramah Lingkungan, NUXCLE (Indonesia) Sepeda Kargo Listrik yang Dapat Disesuaikan, RIFFAI (Laos) Visualisasi dalam AI dan pembelajaran mesin, Millennial Flavor Town (Korea) Santapan Masa Depan yang Berkelanjutan: Alternatif Marmer Hanwoo Bebas Daging, Reclimate Sdn Bhd (Malaysia) komunitas petani untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari kredit karbon hingga BIKI (Indonesia) Perusahaan rintisan teknologi Agrifood.

"Disini, saya memberikan materi mengenai sustainable scaling. Startup yang ingin tumbuh besar tidak hanya perlu fokus pada ekspansi, tetapi juga pada sustainable scaling serta mengembangkan bisnis tanpa mengorbankan stabilitas jangka panjang," ujar Andin, Kamis (17/10/2024).

Diketahui, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, pertumbuhan ekonomi digital di pasar ASEAN diprediksi bisa mencapai USD 2 triliun pada tahun 2030 mendatang.

Hal ini menjadi tolak ukur gelaran 5th Korea-ASEAN Business Model Competition 2024. Tujuannya, untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Acara ini digelar rutin tahunan dan di tahun 2024 ini sudah memasuki tahun kelima.

Ngalup-co.jpg

Andin mengungkapkan, dengan memahami cara menyeimbangkan inovasi dan efisiensi, startup, nantinya dapat bertumbuh secara berkelanjutan.

"Sehingga dapat menghindari risiko burn-out sumber daya, serta memastikan mereka siap menghadapi perubahan pasar. Tanpa strategi scaling yang berkelanjutan, ekspansi yang cepat justru bisa menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnis," ungkapnya.

Dalam hal ini, pertimbangan utama saat meningkatkan skala bisnis secara berkelanjutan (efisiensi energi, optimalisasi sumber daya, pengurangan limbah) sangat penting diketahui oleh para peserta.

"Disini, peserta akan dibimbing untuk mengetahui bagaimana menilai dampak lingkungan jangka panjang dari pertumbuhan bisnis dan cara-cara untuk menguranginya. Serta, pendekatan untuk meningkatkan skala yang memprioritaskan manusia dan bumi, bukan hanya keuntungan," tuturnya.

Andin yang juga dipercaya sebagai juri dan bersanding bersama juri-juri lain dari luar negeri menekankan, pentingnya inovasi yang berdampak nyata, model bisnis harus lebih dari sekadar ide bagus dan harus bisa diimplementasikan, relevan dengan kebutuhan pasar dan menawarkan solusi yang berkelanjutan. 

"Selain itu, fokus pada kolaborasi lintas budaya dan kemampuan startup untuk beradaptasi dengan cepat dalam ekosistem global menjadi kunci penilaian. Yang paling penting, juri mencari model bisnis yang tidak hanya menguntungkan, tetapi juga mampu menciptakan perubahan sosial yang positif," jelasnya.

Disisi lain, dalam kompetisi Rebricks sebagai perwakilan Indonesia berhasil meraih Juara III, disusul Reharvest (Korea) sebagai Juara II dan Milenial Flavor Town (Korea) sebagai Juara I.

"Selamat kepada para pemenang. Semoga semakin bersemangat mengembangkan bisnis yang berkelanjutan, dan terus berinovasi. Harapan utama adalah bahwa para pemenang menjadi pemimpin perubahan yang mampu memberikan dampak positif bagi komunitas lokal maupun global, sambil menginspirasi generasi wirausaha berikutnya," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.