https://jatim.times.co.id/
Berita

Sebanyak 18 Insan Pariwisata & Ekraf Dapat Anugerah Batu Tourism Award 2024, Siapa Saja?

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 22:11
Sebanyak 18 Insan Pariwisata & Ekraf Dapat Anugerah Batu Tourism Award 2024, Siapa Saja? Pj Wali Kota Batu, Pj Aries Agung Paewai memberikan penghargaan kepada 18 Insan Pariwisata dan Ekraf. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATU – Penghargaan Batu Tourism Award diberikan Dinas Pariwisata Kota Batu untuk 18 lembaga, Insan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Batu.

Ada nama Paul Sastro Sendjojo, Owner Jatim Park Grup. Sastro diberikan penghargaan kategori lifetime achievement.  Ada juga Taman Rekreasi Selecta yang mendapatkan penghargaan kategori wisata legenda.

Ada juga kelurahan dan desa yang mendapatkan penghargaan bergengsi ini. Kelurahan Sisir yang mendapatkan penghargaaan sebagai kelurahan wisata kreatif pendukung dan pengembangan budaya.

Sementara Desa Tulungrejo mendapatkan penghargaan sebagai desa penggerak pariwisata berkelanjutan. Ke-18 penghargaan ini diberikan oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai langsung kepada penerima penghargaan.

Penghargaan lain yang diberikan antara lain penghargaan kategori pengembangan permainan yang diberikan kepada Lets Play Indo, penghargaan film animasi dan video diberikan kepada Sinema Batu Adem, penghargaan kategori penerbitan fotografi diberikan kepada komunitas fotografi Indonesia.

Penghargaan kategori wisata pengelolaan sampah mandiri yang diberikan kepada Desa Oro Oro Ombo. Penghargaan kategori destinasi terfavorit diberikan kepada Taman Rekreasi Selecta.

Warung nasi empok Wakini juga mendapatkan penghargaan kategori inisiator pelestari kuliner khas Kota Batu terfavorit.

Penghargaan kategori sinergitas promosi desa tematik diberikan kepada Desa Pendem dan Pusdik Arhanud. 

Beberapa hotel juga mendapatkan penghargaan, seperti hotel Batu Paradise yang mendapatkan penghargaan tertib melaporkan data kunjungan.

Sedangkan DTW tertib laporan data kunjungan adalah Wana Wisata Coban Talun.  Penghargaan lain diberikan kepada hotel terfavorit yakni Hotel Golden Hill.

Penghargaan juga diberikan kepada kusir dokar bernama Jumain sebagai kusir dokar terfavorit. Penghargaan untuk destinasi wisata alam zero waste diberikan kepada jalur pendakian Panderman Buthak.

Dan terakhir penghargaaan kategori Sanggar Tari Kreatif diberikan kepada Sanggar Tari Kendedes.

Penghargaan ini diberikan saat malam penganugerahan Batu Tourism Award dan Sinergi Musisi Kota Batu tahun 2024 yang dilaksanakan di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Sabtu (19/10/2024) malam.

"Penghargaan ini bentuk penghormatan Pemkot Batu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah memberikan sumbangsihnya sehingga pembangunan pariwisata di Kota Batu semakin baik dan dikenal di seluruh dunia," ujar Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Sementara itu, Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, Batu Tourism Award 2024 merupakan bentuk apresiasi kepada insan dan pelaku wisata, ekonomi kreatif dan budaya di Kota Batu. 

"Kami berikan apresiasi insan pariwisata Kota Batu yang telah berkontribusi hingga Kota Batu menjadi Kota Wisata seperti sekarang ini," katanya. 

Menurutnya proses pemberikan penghargaan ini telah melalui proses yang panjang dan melalui penjurian yang ketat.

Lewat penghargaan yang diberikan diharapkan bisa memotivasi insan pariwisata yang lain dan bisa mengenjot pariwisata sehingga semakin mendunia.

Dalam pemberian penghargaan ini disemarakkan band lokal seperti Blue Navy, Scooby, Tahu Brontak, Salma Arshanty, Jowongso.

Tampil juga bintang tamu Yovie and Nuno dan Kahitna feat Arsy Widianto.

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.