https://jatim.times.co.id/
Berita

Manfaatkan Potensi Pendidikan Pesantren, Warsubi-Salman Bakal Merangkul Pesantren Kecil

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 22:12
Manfaatkan Potensi Pendidikan Pesantren, Warsubi-Salman Bakal Merangkul Pesantren Kecil Warsubi-Salman dalam debat publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Jombang. (FOTO: Youtube KPU Jombang)

TIMES JATIM, JOMBANG – H. Warsubi dan KH. Salmanuddin Yazid atau Gus Salman (Warsubi-Salman) Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 2 bakal merangkul pondok pesantren kecil untuk memaksimalkan potensi pendidikan yang ada di Jombang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gus Salman saat debat publik pertama pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jombang di Hotel Yusro Jombang, Sabtu (19/10/2024).

Menurut Gus Salman, selama ini pesantren kecil yang menjadi potensi berkembangnya pendidikan di Jombang tidak tersentuh oleh pemerintah daerah.

“Di Jombang ini ada sekitar 155 pesantren yang selama ini berdiri sendiri, diatur sendiri perhatian dari Pemerintah masih minim. Karena barbagai alasan salah satunya urusan Depag,” katanya.

Lebih lanjut, Pengasuh Pesantren Babussalam Kalibening Jombang ini menerangkan pesantren sudah mempunyai payung hukum tinggal mengatur regulasinya.

“Padahal kualitas pendidikan pesantren lebih baik dibandingkan pendidikan diluar pesantren. Mestinya Pemda harus menganggarkan ke pesantren terutama pesantren kecil. Kalau pesantren besar seperti Tebuireng, Tambakberas, Rejoso dan Denanyar dibiarkan sudah bisa jalan sendiri,” ungkapnya.

Untuk itu, jika Warsubi-Salman diberikan amanah untuk memimpin Kabupaten Jombang akan merangkul pesantren kecil dan pesantren besar akan dimintai tolong untuk membantu pesantren kecil. 

“Pesantren kecil akan kami perhatikan dan pesantren besar akan kami mintai tolong untuk membantu pesantren kecil. Terutama pesantren yang ada di perbatasan Mojokerto, Nganjuk dan lainnya,” ucapnya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.