https://jatim.times.co.id/
Berita

Ketua Komite IV DPD RI Apresisasi Lonjakan IKIP Jawa Timur 2024

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 21:35
Ketua Komite IV DPD RI Apresisasi Lonjakan IKIP Jawa Timur 2024 Senator Ahmad Nawardi (paling kanan) di Kantor DPD RI. (FOTO: Dok.Pribadi)

TIMES JATIM, SURABAYA – SURABAYA - Ketua Komite IV (Keuangan dan Perdagangan) Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD RI) H. Ahmad Nawardi memberikan apresiasi terhadap capaian kenaikan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Provinsi Jawa Timur pada 2024. Dari sebelumnya di urutan 24, kini nomor dua di bawah Jawa Barat dengan skor 83,83.

‘’Saya perlu menyampaikan selamat atas capaian yang membanggakan ini. Sebab, keterbukaan informasi merupakan satu kunci penting tata kelola pemerintahan sekaligus pilar demokrasi,’’ kata Senator Ahmad Nawardi dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur itu dalam keterangan, Sabtu (19/10/2024).

Seperti diberitakan, dalam rilis IKIP 2024 yang dilaunching Komisi Informasi (KI) Pusat RI di Jakarta, Kamis (17/10/2024) , baru 11 provinsi se-Indonesia dengan IKIP berkaregori baik. Skornya di atas 80. Yakni, Jabar, Jatim, Kaltim, Sulteng, Sumut, Kalbar, DIY, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Riau, dan Kalsel.

Pencapaian skor IKIP Jatim dari tahun ke tahun memang terus meningkat. Namun, dalam setahun terakhir, kenaikannya sangat signifikan. Pada 2021 meraih skor 66.82 (urutan 29 nasional), 2022 skor 73.87 (urutan 24), 2023 skor 73.89 (urutan 24). Artinya, ada akselerasi dari badan-badan publik di Jatim untuk meningkatkan keterbukaan informasi.

Skor IKIP Jatim itu juga cukup jauh berada di atas rata-rata nasional. IKIP tingkat nasional tahun ini naik tipis dibandingkan tahun 2024, yakni 75,65 (sedang).

Menurut Nawardi, IKIP menjadi salah satu acuan bagi para investor ketika ingin menanamkan modal atau berinvestasi di daerah bersangkutan. Dia menegaskan, keterbukaan informasi akan menciptakan lingkungan investasi yang lebih kondusif dan menarik bagi para investor.

‘’Transparansi akan meningkatkan trust. Ketika informasi mengenai potensi bisnis, regulasi-regulasi, dan kondisi daerah tersedia secara terbuka, maka investor merasa lebih yakin akan keamanan investasinya,’’ jelasnya.

Keterbukaan informasi, lanjut Nawardi, juga membuat pemerintah daerah akan lebih akuntabel dalam pengelolaan anggaran dan kebijakan. Hal ini mengurangi risiko korupsi dan meningkatkan kepercayaan investor.

‘’Kemudahan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan, maka dapat dijadikan referensi dalam mengambil keputusan berinvestasi, seperti data pasar, potensi pertumbuhan ekonomi, dan kebijakan-kebijakan pemerintah,’’ papar mantan wartawan Tempo itu.

Lebih lanjut Nawardi menjelaskan, proses-proses perizinan yang transparan dan efesien tentu baik untuk memulai bisnis dan mendorong persaingan usaha yang sehat.

‘’Semua pelaku bisnis memiliki akses yang sama terhadap informasi, sehingga menciptakan persaingan yang sehat dan mendorong inovasi-inovasi dalam berusaha,’’ katanya.

Keterbukaan informasi, sambung Nawardi, juga memungkinkan masyarakat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan terkait investasi. Dengan demikian, kebijakan yang dihasilkan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. ‘

’Keterbukaan informasi juga menciptakan iklim investasi yang kondusif, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah bersangkutan,’’ ucap senator tiga periode itu.

Dia menambahkan, dalam beberapa kali kesempatan pihaknya mendengar langsung banyak perusahaan baik itu Pemilikan Modal Asing (PMA) atau Pemilikan Modal Dalam Negeri (PMDN) memilih berinvestasi di daerah yang memiliki tingkat transparansi tinggi.

‘’Jadi keterbukaan informasi memang mesti terus didorong dan ditingkatkan terlebih era digitalisasi. Kalau kita bicara soal UMKM pun keterbukaan informasi juga memudahkan mereka untuk mengakses informasi pasar dan mendapatkan pendanaan. Begitu pula penciptaan lapangan kerja, juga butuh akses informasi terbuka yang mudah dan cepat,’’ pungkasnya. (*)

 

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.