https://jatim.times.co.id/
Berita

Perkuat Ekonomi, Nelayan Pangkahkulon Gresik Dirikan Badan Usaha

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:40
Perkuat Ekonomi, Nelayan Pangkahkulon Gresik Dirikan Badan Usaha Plt Kepala Dinas Perikanan Gresik Johar Gunawan bersama Camat Ujungpangkah Shofwan Hadi saat meresmikan gedung badan usaha milik nelayan (BUMNEL) (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Memperkuat ekonomi, nelayan Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik mendirikan badan usaha milik nelayan (BUMNEL).

Operasional badan usaha ini diharapkan menjadi solusi agar para nelayan bisa mandiri dan menjadi peluang usaha baru.

Ketua Nelayan Kendil Samudro Pangkahkulon, Abdul Latif mengatakan kehadiran badan usaha ini merupakan embrio agar organisasi nelayan bisa mandiri.

"Kami berterimakasih kepada perusahaan serta pemerintah yang berkontribusi dalam pembangunan badan usaha nelayan ini," katanya, Kamis (17/10/2024).

Latif menjelaskan, pada awalnya, kelompok nelayan ini tidak memiliki kas atau aset. Namun, kali ini organisasinya berkembang pesat bahkan sudah memiliki dua perahu, mobil operasional, kantor, dan fasilitas pendukung lainnya.  

"Seiring waktu, kami terus berkembang hingga akhirnya terbentuk Bumnel ini. Dan, pada hari ini organisasi kami berubah nama menjadi RN Kendil Samudro,” ungkapnya. 

Terkait badan usaha, Latif menyatakan fokus utamanya adalah membantu perekonomian nelayan ketika musim angin baratan tiba, dengan memasarkan produk UMKM berbasis hasil laut yang dibuat istri nelayan.

"Kami berharap bidang usaha ini bisa berkembang dan memberi manfaat lebih luas bagi masyarakat nelayan," tambahnya.  

Plt Kepala Dinas Perikanan Gresik, Johar Gunawan, mendukung upaya yang dilakukan Nelayan Pangkahkulon dalam rangka meningkatkan kemandirian.

"Ini bisa dicontoh oleh nelayan lain, saya melihat asetnya besar kantornya juga bagus serta miliki mobil operasional," ujarnya.

Menurut Johar, nelayan harus bisa memaksimalkan potensi yang ada, termasuk kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Langkah yang dilakukan ini sangat cerdas, kolaborasi dengan perusahaan membuat badan usaha, semoga nanti bisa dikembangkan ke hal yang produktif sehingga bermuara pada kesejahteraan nelayan," ucapnya. 

Acara peresmian badan usaha oleh nelayan Pangkahkulon ini dihadiri oleh jajaran Forkopimcam Ujungpangkah. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.