https://jatim.times.co.id/
Berita

Rajamanggala University Gandeng UIN Malang Gelar Dialog Antaragama untuk Rekonsiliasi dan Ketahanan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 06:24
Rajamanggala University Gandeng UIN Malang Gelar Dialog Antaragama untuk Rekonsiliasi dan Ketahanan Penyerahan cindera mata oleh pimpinan Rajamanggala University kepada Rektor UIN Malang. (FOTO: Istimewa)

TIMES JATIM, MALANG – Institute of Science Innovation and Culture, Rajamanggala University of Technology Krungthep Thailand bekerjasama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menggelar International Conference on Interreligious Dialogue for Reconciliation and Resilience: Southeast Asia Focus pada 19 Oktober 2024 di Lee Garden Resort Hatyai, Songkhla, Thailand.

International Conference kali ini menarik perhatian praktisi, akademisi juga pemimpin agama dari berbagai negara termasuk Slovenia, India, Sri Lanka, Myanmar, Indonesia and Libya. UIN Malang sebagai co-organized pada International Conference menghadirkan para scholars guna mempresentasikan penelitian mereka.  Diantaranya ada Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M. Ag, Dr. Isroqunnajah, M. Ag, Prof. Dr. Sri Harini, M. Si, Prof. Dr. Langgeng Budianto, M. Pd, Prof. Dr. Achmad Khudori Sholeh, M. Ag, Prof. Dr. Sudirman Hasan, MA, Dr. Hj. Sulalah, M. Ag, Dr. M. Yunus, M. Si, Drs. Basri, PhD, Jamilah, PhD.

Dalam pembukaan yang disampaikan oleh Dr. Kamol Rodklai, Chairman of Committe on Education, HE, Science, Research and Innovation (The Senate Committe) mengatakan jika dialog antar umat beragama dapat menjadi jembatan dalam menciptakan harmoni.

Dialog-Antaragama-2.jpg

"Dengan membangun pemahaman bersama, menghargai perbedaan, mengurangi stereotip maka kita dapat mengatasi konflik serta mendorong kolaborasi dalam kegiatan sosial dan pendidikan yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya toleransi dan keberagaman," ujarnya.

Dia menyebut, pendidikan berfungsi sebagai alat untuk menciptakan inklusivitas, toleransi, dan empati. Dengan mendorong dialog terbuka semua pihak dapat menggali berbagi potensi yang dapat menyediakan pengalaman praktis sehingga dapat tercipta semangat kolaborasi antar bangsa.

Assoc. Prof. Dr. Pichai Janmanee selaku President of Rajamanggala University of Technology Krungthep menyambut hangat seluruh audiens multikultural yang hadir dari 15 negara. Dr. Pichai juga mengucapkan terimakasih kepada UIN Malang yang telah menjalin sinergi kuat melalui program interreligious dialogue.

"Melalui inisiatif ini, kita tidak hanya membahas perbedaan keyakinan, tetapi juga memperkuat pemahaman dan menghargai perspektif yang beragam serta berkomitmen untuk menciptakan lingkungan akademik yang inklusif, di mana setiap suara didengar dan dihargai," kata dia.

Pihaknya pun mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik, di mana harmoni dan saling pengertian menjadi landasan bagi peradaban kita.

Sementara itu, dalam sambutan yang disampaikan oleh Rektor UIN Malang Prof. Zainuddin, dia menggarisbawahi tema penting, yaitu moderasi beragama. Di tengah-tengah dunia yang semakin kompleks dan beragam ini, moderasi beragama menjadi kunci untuk menciptakan suasana yang damai dan harmonis.

"Moderasi beragama bukan hanya tentang toleransi, tetapi juga tentang saling menghormati dan memahami nilai-nilai yang ada dalam setiap keyakinan. Hari ini, kita mendiskusikan bagaimana moderasi beragama dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam komunitas maupun dalam hubungan antarindividu," tuturnya.

Dialog-Antaragama-3.jpg

Rektor menyampaikan, melalui dialog dan kolaborasi, semua pihak dapat membangun jembatan antara berbagai keyakinan dan menciptakan lingkungan yang inklusif. "Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk belajar satu sama lain, berbagi pengalaman, dan menguatkan komitmen kita terhadap moderasi," ajaknya.

"Dengan cara ini, kita dapat berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang harmoni. Beliau juga mengatakan jika International COnference selanjutnya dapat dilaksanakan di UIN Malang," pungkas Prof Zain. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.