https://jatim.times.co.id/
Berita

Tes Urine Mendadak di Polresta Banyuwangi, Langkah Tegas Perangi Narkoba

Senin, 23 September 2024 - 17:48
Tes Urine Mendadak di Polresta Banyuwangi, Langkah Tegas Perangi Narkoba Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol. Nanang Haryono sedang memantau hasil kegiatan tes urine yang dilaksanakan secara mendadak. (Foto : Humas Polresta Banyuwangi For TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi menggelar tes urine, secara mendadak untuk seluruh personilnya di halaman Polresta Banyuwangi, Senin (23/9/2024). 

Tes Urine tersebut dilakukan sebagai upaya dalam deteksi dan pencegahan penggunaan narkoba di kalangan anggota kepolisian. 

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si., menyampaikan jika hal ini dilakukan karena sebagai bentuk komitmennya untuk memastikan seluruh personilnya bebas dari narkoba. 

"Ini adalah komitmen kami untuk menjaga profesionalisme dan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian," kata Kombes Pol. Nanang Senin, (23/9/2024). 

Tak hanya para personil Polresta Banyuwangi, mulai dari pejabat utama (PJU), Perwira hingga Bintara, termasuk Kombes Pol. Nanang juga turut serta dalam tes urine tersebut. Ia juga secara langsung memantau berjalannya kegiatan tersebut.

Pelaksanaan Tes Urine dilakukan secara acak dan rahasia untuk menghindari kebocoran informasi dan memastikan hasil yang akurat.

Kombes Pol. Nanang menjelaskan, Ia akan memberikan sanksi tegas kepada anggota yang terbukti positif menggunakan narkoba. Tes urine ini bukan hanya untuk mendeteksi penggunaan narkoba, tetapi juga sebagai upaya pencegahan dan penegakan disiplin internal. 

"Tidak ada toleransi bagi penyalahgunaan narkoba di institusi ini. Jika ada yang terbukti positif, mereka akan menjalani proses hukum dan disipliner sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujarnya dengan tegas.

Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka menambahkan, dengan diadakannya tes urine ini, kepercayaan publik terhadap kinerja kepolisian dapat meningkat.

“Hal ini juga merupakan salah satu cara dalam menunjukkan komitmen perang melawan narkoba,” cetus AKBP Dewa.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat dan LSM yang bergerak di bidang anti-narkoba. Mereka berharap langkah ini bisa menjadi contoh bagi institusi lainnya dalam memberantas narkoba dari dalam tubuh organisasi.

Dengan diadakannya tes urine ini, Polresta Banyuwangi menunjukkan komitmen serius dalam perang melawan narkoba. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.