https://jatim.times.co.id/
Berita

Lomba Poster Karya Cipta Boga 2024, Bercerita Tentang Inovasi Pangan

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:12
Lomba Poster Karya Cipta Boga 2024, Bercerita Tentang Inovasi Pangan POster pada pameran Karya Cipta Boga 2024 berada tepat di depan gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang, Kamis (17/10/2024). (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Acara Karya Cipta Boga (KCB) 2024 yang diadakan oleh Mahasiswa Tata Boga Universitas Negeri Malang sukses menarik perhatian pengunjung, terutama melalui pameran lomba poster bertema “Inovasi Produk Makanan Fungsional Berbasis Bahan Pangan.”

Sebanyak 30 poster inovatif dipajang di depan gedung Sasana Budaya, menampilkan ide-ide kreatif pengolahan bahan pangan lokal menjadi produk makanan yang fungsional dan bermanfaat.

Fungsional-Pangan.jpgPoster dengan sub tema Fungsional Pangan pada pameran poster di Karya Cipta Boga 2024, Kamis (17/10/2024). (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

Pameran poster ini dibagi menjadi tiga kategori utama: Pangan Fungsional yang fokus pada inovasi pangan dan fungsinya, Makanan untuk Penyakit Degeneratif yang memuat makanan bagi penderita penyakit degeneratif, serta Kuliner Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Beragam olahan pangan, mulai dari biji-bijian, umbi-umbian, hingga buah-buahan, disajikan dengan menarik, lengkap dengan penjelasan kandungan gizi dan manfaat kesehatannya.

Venni Anggraeni, Koordinator Lomba EDULOPA Poster Challenge, mengatakan bahwa banyak poster yang memamerkan inovasi out of the box, terutama dari peserta internasional yang lebih menyoroti bahan pangan lokal Indonesia, seperti tempe.

Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah “Snackbar Kacang Hijau” karya Syahra Nurfaizah dari Universitas Megarezky Makassar.

Karya-Cipta-Boga-2024-v2.jpgSalah seorang pengunjung sedang memotret salah satu poster pada pameran poster di Karya Cipta Boga 2024, Kamis (17/10/2024), (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

Snack bar ini menawarkan solusi sehat bagi penderita penyakit degeneratif, dengan bahan dasar kacang hijau yang membantu pencernaan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, anemia, diabetes, dan jantung. Dengan tambahan bekatul dan serat tinggi, snack bar ini juga efektif mengontrol gula darah dan menjadi camilan sehat.

Lomba EDULOPA Poster Challenge ini bertaraf internasional, diikuti oleh 60 peserta dari dalam dan luar negeri, meskipun hanya 30 poster yang berhasil dikumpulkan. Lomba berlangsung dari 10 September hingga 15 Oktober 2024, dan penilaian dilakukan pada 16 Oktober. Pemenang diumumkan pada puncak acara KCB 17 Oktober, dengan penilaian yang mencakup orisinalitas, kesesuaian tema, dan tata letak poster.

Menurut Venni Anggraeni, tujuan dari lomba ini adalah untuk mengukur sejauh mana generasi muda, terutama pelajar, memahami pangan fungsional, B2SA, dan penyakit degeneratif, serta mendorong inovasi dalam memanfaatkan bahan pangan lokal.

Selain pameran poster, acara KCB 2024 juga dimeriahkan dengan kegiatan lain seperti live cooking, pameran komoditas pangan, talkshow, dan berbagai acara seru lainnya. (*)

Pewarta : Ananda Sri (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.