https://jatim.times.co.id/
Berita

DC Adhipramana Citra Bhayangkara Tampilkan Perjalanan Patih Gajah Mada di Upacara HUT ke-79 Provinsi Jatim 

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 17:07
DC Adhipramana Citra Bhayangkara Tampilkan Perjalanan Patih Gajah Mada di Upacara HUT ke-79 Provinsi Jatim  Penampilan Drumband Corps (DC) Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2 Taruna Bhayangkara tampil apik dalam Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur di Halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (12/10/2024). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Tim Drumband Corps (DC) Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2 Taruna Bhayangkara tampil apik dalam Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (12/10/2024).

Total 197 peserta menyuguhkan sebuah paduan seni musik dan koreografi menawan mengusung tema Gama Nirwasita, Perjalanan Misi Kebajikan Patih Gajah Mada dalam Ekspedisi Maritim Nusantara.

Penampilan-Drumband-Corps-2.jpgDrumband dan koreografi Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2 Taruna Bhayangkara tampil apik dalam Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur di Halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (12/10/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Perpaduan beberapa alat drumband memberikan nuansa musik megah dan membuat para undangan berdecak kagum mengabadikan momen.

Kepala Sekolah SMAN 2 Taruna Bhayangkara H Mujib,  mengapresiasi anak-anak didiknya. Karena penampilan terbaik mereka adalah buah kerja keras sebelum pertunjukan.

Penampilan-Drumband-Corps-3.jpg

"Hasilnya sesuai latihan mereka, walau dipersiapkan hanya dalam waktu beberapa hari saja. Karena di sini, adalah anak-anak kelas XII, mereka sudah fokus pada rencana masuk perguruan tinggi maupun kedinasan sipil. Selanjutnya nanti akan diberikan tongkat estafet kepada adik-adiknya. Terima kasih telah menampilkan yang terbaik," pujinya.

Damar Hakim Lazuardi, sebagai Stick Master DC Adhipramana Citra Bhayangkara Angkatan IV mengungkapkan antusiasme dapat tampil dalam Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur.

"Ini merupakan penampilan terakhir saya untuk Drumband Adhipramana Citra Bhayangkara ini, karena saya sudah kelas XII. Setelah ini, kami akan alih tugas untuk adik-adik kelas kita, Taruna Bhayangkara V," ucap Damar.

Selama menjadi Stick Master Drumband Adhipramana Citra Bhayangkara IV, Damar Halim dan tim telah meraih banyak prestasi. Antara lain Juara Favorit Kapolres Madiun Cup dan Juara III Drum Band SMA Taruna Creative Camp di Kota Batu. 

Damar bersama tim juga kerap tampil di tingkat kabupaten seperti saat 17 Agustus kemarin di Taman Blambangan Banyuwangi maupun provinsi seperti di Gedung Negara Grahadi.

"Tahun lalu, untuk kakak kelas kami juga tampil di HUT Provinsi Jatim, grup kami sudah tampil selama tiga tahun berturut-turut," tambahnya.

Sejak awal terjun masuk sebagai anggota pada Kelas XI, hingga sukses menjadi stick master andal, Damar memiliki banyak pengalaman menarik. Ia mengaku pada awalnya belum tertarik untuk bermain musik terutama drumband. Namun ketekunan itu berbuah manis, sampai sekarang ia bisa membawakan banyak musikalisasi bahkan di hadapan orang nomor satu di Jatim. 

"Kami dulu masih belum bisa apa-apa, kami dulu dididik oleh pengasuh, pembina dan juga pelatih untuk disiplin yang terutama adalah latihan disiplin dan pendidikan karakter," ucapnya. 

Disiplin dan pendidikan karakter merupakan kunci kesuksesan penampilan sebuah tim drumband. Setiap anggota harus mampu menurunkan banyak ego, menghargai satu sama lain agar menghasilkan sebuah harmoni musik.  

"Motivasi kami tampil adalah untuk sebuah kebanggaan untuk diri sendiri, untuk sekolah, untuk orang tua," ucap Damar.

Pengasuh sekaligus Pembina Drumband Corps Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2, Naufal Yoga, menjelaskan, mereka memang membina karakter anak didik agar mampu memberikan kontribusi terbaik kepada negara.

Sebagai sekolah asrama, SMAN 2 Taruna Bhayangkara selalu mengedepankan nilai-nilai ke-Bhayangkaraan dan kedisiplinan sebagaimana motto Polri. Siswa mendapat didikan sejak pertama kali masuk asrama untuk memahami kehidupan Taruna. 

"Jadi, adik-adik ini lebih kami kedepankan terkait kedisiplinan dan nilai-nilai ke-Bhayangkaraan itu. Selama kami membina adik-adik di DC, tidak hanya ahli bermain musik dan koreografi. Poin utama adalah kedisplinan," kata Naufal. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.