https://jatim.times.co.id/
Berita

Paparan di Depan Panelis Juri, Nominasi Duta Pancasila Adu Ide Membumikan Nilai-nilai Pancasila 

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:24
Paparan di Depan Panelis Juri, Nominasi Duta Pancasila Adu Ide Membumikan Nilai-nilai Pancasila  Pemaparan ide program pemahaman nilai-nilai Pancasila oleh salah satu finalis peserta seleksi Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 tahap ke-3, di Aula Kodim 0818/Malang-Batu, Kabupaten Malang, Sabtu (12/10/2024). (FOTO: for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Seleksi tahap ke-3 Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 dilanjutkan, dan berlangsung cukup seru, di Aula Kodim 0818/Malang-Batu, Sabtu (12/10/2024). Tiap peserta adu konsep dan gagasan briliannya di depan panelis juri. 

Dalam paparannya, tiap peserta menyampaikan ide tentang bagimana penyebaran dan pemahaman nilai-nilai Pancasila secara efektif dan mengena bagi kalangan generasi muda. 

Duta-Pancasila-Kabupaten-Malang-2.jpg

Peserta nomor 015 dari SMA asal Kalipare, Kabupaten Malang misalnya,  menyajikan ide pemahamanan nilai-nilai Pancasila melalui program acara memanfaatkan platform media sosial. 

Yakni, melalui program Pancasila Talk berupa acara Podcast series, livestreaming dan produksi konten-konten edukatif seputar pengamalan nilai-nilai Pancasila. 

Peserta lainnya, menyampaikan ide membumikan nilai-nilai Pancasila di kalangan remaja dan pelajar dengan menggelar penulisan esai. 

Ada pula yang memantik apresiasi tim panelis juri, dimana salah satu finalis nominasi menyampaikan ide pembuatan modul atau buku saku Pancasila. 

Duta-Pancasila-Kabupaten-Malang-3.jpg

Ketua Duta Pancasila Kabupaten Malang, Bilqis Islach W. mengungkapkan, banyak ide sangat bagus disampaikan 60 finalis nominasi Duta Pancasila Kabupaten Malang tersebut. Para calon Duta Pancasila pada tahap 3 ini, merupakan peserta yang dijaring dari 80 duta pada tahap seleksi sebelumnya. 

"Hari ini tadi tahap seleksi ke-3, diikuti 60 finalis peserta. Ide-ide yang disampaikan peserta rata-rata out of the box, dan bagus-bagus. Sehingga, banyak pula yang mendapatkan apresiasi tim juri," kata Bilqis, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (12/10/2024). 

Ide-ide program yang dipaparkan peserta, lanjutnya, mulai sosialisasi langsung hingga yang memanfaatkan teknologi digital. 

"Dari 60 finalis ini, nantinya akan dipilih kembali 35 finalis, untuk dilakukan penilaian wawancara mendalam, sampai didapatkan 20 besar finalis Duta Pancasila. Wawancara mendalam lebih pada menilai personality atau kepribadian finalis seperti apa," jelas Bilqis. 

Tim panelis juri seleksi tahap 3 Duta Pancasila ini sendiri terdiri dari 8 (delapan) orang. Diantaranya, teridiri dari unsur Kodim 0818, Polres Malang, Bakesbangpol Kabupaten Malang, MPI KNPI Kabupaten Malang, Pembina Duta Pancasila Kabupaten Malang, juga General Manajer Duta Pancasila Kabupaten Malang 

Untuk 20 besar finalis yang akan didapatkan, menurutnya akan dicari yang benar-benar kompeten yang nantinya diharapkan membawa masa depan Duta Pancasila seperti apa. 

"Sejumlah 20 besar finalis Duta Pancasila tersebut nantinya yang akan menjadi bagian dari Duta Pancasila Kabupaten Malang," pungkasnya. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.