https://jatim.times.co.id/
Berita

Pilkada Ponorogo 2024, Ratusan Seniman Reog Kawulo Wetan Deklarasi Dukung RILIS

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 21:15
Pilkada Ponorogo 2024, Ratusan Seniman Reog Kawulo Wetan Deklarasi Dukung RILIS Sugiri Sancoko calon Bupati Ponorogo nomor urut 2 saat menghadiri deklarasi seniman reog Kawulo Wetan. (Foto: Elno/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGO – Dukungan terhadap pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko – Lisdyarita (RILIS) pada Pilkada Ponorogo 2024 terus mengalir, kali ini dari seniman reog yang tergabung dalam Komunitas Kawulo Ponorogo Wetan (KKPW).

Bertempat di Koperasi Unit Desa (KUD)  Waras, di desa Sidoarjo Kecamatan Pulung Ponorogo, para seniman dari berbagai unsur, seperti penari jathil, pembarong, bujangganong dan pengrawit ini secara resmi memberikan dukungan penuh kepada paslon nomor urut 2 RILIS untuk kembali memimpin Ponorogo di periode 2024-2029.

"Hari ini ada 52 dadak merak ikut deklarasi, semua dari KKPW yang terdiri dari wilayah Kecamatan Pulung, Kecamatan Pudak,  Kecamatan Sooko, dan Kecamatan Ngebel, berikrar dan menyatakan dukungan kepada pasangan RILIS untuk periode 2024-2029," ujar Ketua Panitia KKPW, Agung Sukowiyono, Sabtu (12/10/2024) sore.

Menurut Agung, rekan-rekan KKPW mengaku, meskipun hanya menjabat 3,5 tahun, kepemimpinan pasangan RILIS sangat peduli terhadap para seniman reog.

"Teman-teman seniman merasa dimanusiakan  oleh kepemimpinan RILIS. Kita merasa sangat dihargai dan tidak sekedar jadi ban serep," jelasnya.

Sementara itu, calon Bupati  Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, pihaknya meminta doa restu dan dukungannya kepada semua elemen masyarakat, termasuk para seniman reog. "Ijin untuk maju kembali (dua periode) untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Ponorogo," ungkapnya.

Sugiri Sancoko pun mengaku tetap memilih bersama dengan Bunda Rita (Lisdyarita) untuk maju kembali di Pilkada 2024. "Maka suara perempuan harus kita dengar, dan sosok Bunda Rita yang akan mewakili (keterwakilan) perempuan. Sehingga ini merupakan suatu persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan," ulas Sugiri Sancoko.

Selain itu, dikutip Tri Sakti dari Bung Karno, jati diri bangsa Indonesia itu harus berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian serta berkebudayaan.

"Itu kata-kata yang harus kita pegang. Kita bersama (seniman reog) berjuang agar reog menjadi warisan budaya tak benda ke badan dunia (UNESCO). Ini (reog) Indonesia yang lahir dari Ponorogo, maka kita ingin agar reog menjadi episentrum wisata yang mendunia," tandas Sugiri Sancoko.

Deklarasi dukungan dari seniman reog akan terus berdatangan kepada pasangan RILIS, menurut rencana  deklarasi dukungan dari seniman reog juga akan dilakukan Sabtu (13/10/2024), di Posko Kemenangan Perjuangan Jalan HOS Cokroaminoto Ponorogo, yang akan diikuti kurang lebih 1.000 seniman reog se Kabupaten Ponorogo.(*) 

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.