https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Tim PKM Unesa Edukasi Pemanfaatan Google Sites untuk Guru Sidoarjo

Senin, 23 September 2024 - 12:47
Tim PKM Unesa Edukasi Pemanfaatan Google Sites untuk Guru Sidoarjo Edukasi pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran yang dilakukan tim dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kepada para guru di SMP Sepuluh Nopember, Sidoarjo. (Foto: Dok. Unesa)

TIMES JATIM, SURABAYA – Digitalisasi yang semakin berkembang masif menuntut semua lini harus beradaptasi, terutama di bidang Pendidikan. Edukasi pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran yang dilakukan tim dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) merupakan salah satu upaya agar tidak tergerus digitalisasi.

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) kepada para guru di SMP Sepuluh Nopember, Sidoarjo ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang inovatif dan efektif.

Ketua tim, Martini Dwi Endah Susanti menjelaskan bahwa penggunaan media pembelajaran digital semakin penting seiring perkembangan teknologi dan tuntutan generasi Z yang melek digital.

“Melalui platform seperti Google Sites, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan mudah diakses kapan saja,” ucapnya.

Pelatihan yang diikuti 31 guru berbagai mata pelajaran ini dibekali keterampilan dalam merancang situs web yang dapat menunjang pembelajaran.

Para peserta juga diajak untuk langsung mempraktikan pembuatan website menggunakan Google Sites, dengan pendampingan dari tim Unesa.

“Semoga guru jadi lebih adaptif terhadap perkembangan zaman dan memberikan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa,” harapnya.

Dengan adanya inisiatif ini, kualitas pembelajaran di sekolah mitra diharapkan semakin meningkat, baik dari sisi guru maupun siswa. Juga membantu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah tersebut.

Sementara itu, kepala sekolah, Saiful Tulus Jatmika, menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi Unesa dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di sekolahnya.

"Kami berharap akan ada program lainnya yang bisa membantu peningkatan mutu pendidikan di SMP Sepuluh Nopember," tandasnya.

Acara yang diinisiasi tim beranggotakan Rindu Puspita Wibawa, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, Bambang Sujatmiko, Harun Al Rosyid, dan Ramadhan Cakra Wibawa disambut baik pihak sekolah dan berharap pelatihan serupa bisa dilakukan ke depan. (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.