https://jatim.times.co.id/
Berita

Satreskrim Polres Bondowoso Serahkan Perangkat Desa Tersangka Korupsi Hibah ke Kejaksaan

Senin, 23 September 2024 - 13:06
Satreskrim Polres Bondowoso Serahkan Perangkat Desa Tersangka Korupsi Hibah ke Kejaksaan Perangkat desa inisil F yang jadi tersangka korupsi dana hibah saat hendak dibawa ke Kejaksaan Negeri Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Satreskrim Polres Bondowoso menyerahkan tersangka korupsi dana hibah Provinsi Jawa Timur, inisial F ke Kejaksaan Negeri setempat, Senin (23/9/2024). 

Pantauan di lokasi, tersangka yang juga perangkat desa tersebut dikeluarkan dari tahanan Polres Bondowoso, kemudian dibawa menggunakan mobil Innova warna hitam. 

PAMA Satreskrim Polres Bondowoso, Ipda Huda Febriant Nafasha menjelaskan, F bertindak sebagai ketua Pokmas Telaga Saksi dan mendapatkan hibah dari Pemprov Jatim. 

Dana hibah untuk Pokmas tersebut senilai Rp 200 juta. Dalam pengelolaannya, F kemudian diduga melakukan penyelewengan anggaran untuk plengsengan di Dusun Jurang Derek tersebut.

Dana hibah tahun anggaran 2018 itu diduga dikorupsi oleh F dengan kerugian negara Rp 92 juta lebih. “Dikuatkan oleh audit dari auditor,” imbuh dia. 

Menurutnya, F merupakan tersangka tinggal dalam dugaan tindak pidana korupsi dana hibah provinsi ini. 

Atas perbuatannya, F disangkakan pasal 2 dan/atau pada 3 Undang-Undang Korupsi Nomor 19 tahun 1999 yang diubah menjadi UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan ancaman hukuman minimal lima tahun penjara. 

“Berkasnya sudah P21, hari ini kita serahkan ke JPU (Jaksa Penuntut Umum) Kejaksaan Negeri Bondowoso,” terang dia. 

Pihaknya juga mengimbau kepada perangkat desa atau penyelenggara negara lainnya, agar mengelola anggaran sesuai dengan peraturan yang ada. 

“Pelaksanaan harus dilakukan sesuai dengan SOP, tidak melakukan mark up atau pemotongan dana anggaran tersebut,” imbau dia. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.