Pendidikan

Dua Hari, Universitas Brawijaya Kukuhkan 9 Guru Besar Baru

Kamis, 22 Februari 2024 - 20:45
Dua Hari, Universitas Brawijaya Kukuhkan 9 Guru Besar Baru Prosesi pengukuhan guru besar di Universitas Brawijaya, Kamis (22/2/2024). (FOTO: Humas UB)

TIMES JATIM, MALANG – Dalam jangka waktu dua hari, Universitas Brawijaya (UB) menambah daftar panjang guru besar yang mereka miliki. Pada Rabu (21/2/2024), ada 4 orang guru besar baru dari berbagai bidang yang dikukuhkan. Mereka adalah Prof Dr Ir Sitawati M.S sebagai profesor pada bidang Ilmu Hortikultura, Prof. Dr. Ali Maksum, M.Ag., M.Si. sebagai profesor aktif ke-4 di Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik (FlSlP).

Ketiga ada Prof. Dr. lr. Nur Edy Suminarti, M.S. sebagai profesor aKif ke-34 di Fakultas Pertanian (FP), dan Prof. Dr. Wuryan Andayani, S.E., Ak., M.Si. sebagai profesor aktif ke-29 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Berlanjut pada Kamis (22/4/2024), ada 5 orang profesor baru yang dikukuhkan. Empat di antaranya berasal dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan satu profesor dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). Yang pertama ada Prof Musthofa Lutfi, yang menjadi  guru besar ke-13 di FTP UB. Kemudian ada Prof Widya Dwi Rukmi Putri yang menjadi professor ke-14 di FTP UB. Ketiga ada Prof Sukardi yang merupakan profesor ke-15 di FTP UB. Selanjutnya ada Prof Yusuf Wibisono, yang menjadi profesor ke 16 di FTP UB. Dan terakhir ada Prof Choirul Saleh yang merupakan profesor ke-13 di FIA UB. Dengan penambahan 9 profesor baru itu, kini UB tercatat mempunyai 216 Profesor aktif, dan telah melahirkan 379 profesor.

Rektor UB Prof. Widodo, S. Si., M. Si., Ph.D.Med.Sc mengucapkan selamat kepada para guru besar baru yang dikukuhkan. Dia mengatakan, para profesor baru ini mempunyai produktivitas yang tinggi di dalam penelitian.

Capaian menjadi guru besar tentu tidak mudah. Dan alhamdulilah  prof kita  sangat aktiv melakukan penelitian. Terbukti H Index Scopusnya semua diatas 10," ucapnya.

Pihaknya pun berharap, dengan jabatan akademik baru ini, para guru besar bisa memberikan berkontribusi lebih luas untuk membangun Indonesia, sesuai dengan kepakaranya masing-masing. "Mudah-mudahan ini menjadi barokah baik buat universitas, dunia pendidikan, maupun untuk pribadi," pungkasnya. (*)
 

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.