https://jatim.times.co.id/
Berita

Hari Santri Nasional 2024, Ini Sederet Kegiatan yang Diselenggarakan PCNU Jombang

Jumat, 18 Oktober 2024 - 12:39
Hari Santri Nasional 2024, Ini Sederet Kegiatan yang Diselenggarakan PCNU Jombang Peringatan kirab Hari Santri Nasional tahun 2019 lalu di Kabupaten Jombang. (FOTO: Riski/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2024, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU ) Kabupaten Jombang menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan peringatan HSN oleh PCNU Jombang, dimulai dari Lailatul Ijtima' pada 13 Oktober 2024, hingga pelaksanaan Bahtsul Masail pada 17 November 2024.

Pada kegiatan Lailatul Ijtima', PCNU Jombang bersama MWCNU melaksanakan kegiatan tersebut dengan membagi pada 4 zona. 

Zona 1 dilaksanakan pada 13 Oktober 2024, bertempat di Masjid Ar Roudloh, Tugu, Kepatihan, Jombang. Dilanjutkan pada zona 2 pada 20 Oktober 2024, di Masjid Abi Hasan, Ploso.

Untuk zona 3 digelar pada 25 Oktober 2024 di Masjid Jami' NU Trawasan Sumobito, sedangkan untuk zona 4, Lailatul Ijtima' akan digelar di Masjid At-Taqwa, Kecamatan Bareng.

Selanjutnya dari bidang lain, PCNU Jombang dalam memperingati HSN 2024 menggelar Santri Fest yang berlangsung pada 16-26 Oktober 2024, di lapangan parkir makam Gus Dur.

Kegiatan itu menjadi wadah untuk mendukung kemajuan UMKM di kota santri yang dikemas dengan sejumlah pengisi acara.

Tak hanya itu, untuk mewadahi agar santri di Jombang tetap bugar juga akan digelar Soccer Competition pada 16-26 Oktober 2024, di lapangan bola Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang.

Berikutnya ada kegiatan Halaqoh Kesehatan yang dilaksanakan pada 19 Oktober 2024, di Ponpes Darul Ulum Rejoso, Peterongan.

Kemudian, digelar pula kegiatan yang melibatkan santri dan pelajar dengan gebyar Olimpiade Aswaja. Kegiatan dengan tujuan mengasah nilai-nilai aswaja bagi siswa-siswi MI/SD tersebut, dilaksanakan pada 16 dan 19 Oktober 2024.

Selanjutnya pada kegiatan puncak peringatan HSN 2024, akan dilangsungkan Apel Hari Santri pada 22 Oktober 2024 di Ponpes Tebuireng Jombang. 

Apel hari santri di Ponpes Tebuireng, merupakan agenda gabungan yang dilaksanakan oleh PCNU Jombang dan PWNU Jawa Timur.

Setelah Apel Hari Santri, dilanjutkan dengan kegiatan Ziarah Mu'assis mulai dari Ponpes Tebuireng, Ponpes Bahrul Ulum, Ponpes Mambaul Maarif, dan Ponpes Darul Ulum Rejoso. 

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional, ditutup dengan kegiatan Bahtsul Masail pada 17 November 2024, di Kepudoko, Tembelang.

Sekretaris PCNU Jombang H. Ubaidillah menjelaskan, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 mengusung tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan".

Sejumlah agenda telah disiapkan untuk memperingati Hari Santri Nasional 2024 di kota para pendiri Nahdlatul Ulama.

Rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024 dilaksanakan PCNU Jombang dengan melibatkan beberapa lembaga sebagai pelaksana.

Lembaga-lembaga di lingkungan PCNU Jombang tersebut, antara lain Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU), Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam).

Selain itu, ada Lembaga Kesehatan NU (LKNU), LP Ma'arif, serta Lembaga Bahtsul Masa'il (LBM) dan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU).

"Puncak acaranya nanti, ada apel hari santri di Pondok Pesantren Tebuireng, dilanjutkan dengan ziarah muassis NU. Apel hari santri dilaksanakan bersama PWNU Jawa Timur," ungkap Cak Ubaid, sapaan akrabnya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.