https://jatim.times.co.id/
Olahraga

Montella: Pemain Turki Bermain dengan Seluruh Jiwa

Rabu, 03 Juli 2024 - 09:24
Montella: Pemain Turki Bermain dengan Seluruh Jiwa Pelatih Turki Vincenzo Montella merayakan keberhasilan timnya ke perempat final Euro 2024 usai menundukkan favorit kuat Austria 2-1, Rabu (3/7/2024).

TIMES JATIM, JAKARTA – Pelatih Vincenzo Montella mengatakan bahwa para pemain Turki bermain dengan sepenuh jiwa dan menggali kekuatan terdalam mereka untuk bisa mengalahkan Austria dan lolos ke perempat final Euro 2024.

Dalam pertandingan yang digelar Rabu (3/7/2024) pemain belakang Merih Demiral mencetak gol di setiap babak dalam kemenangan 2-1 yang penuh aksi, yang membuat banyak pengamat sepak bola menyebutnya sebagai pertandingan terbaik turnamen sejauh ini.

"Tak ada yang menyerah," kata Montella. "Semua memberikan lebih dari yang seharusnya, dengan segenap jiwa. Sebagai seorang pelatih kepala, Anda tahu bahwa ada pertandingan-pertandingan seperti ini yang hanya bisa dimenangkan jika ada jiwa di dalam tim."

"Ada keyakinan, ada keteguhan. Saya bisa terus berbicara sepanjang malam, tapi saya melihat semua atribut itu, dan itu membuat saya sangat bangga."

Didukung oleh gemuruh sorakan para penggemar yang menggema dan dimainkan dalam hujan deras, kiper Turki, Mert Gunok, memberikan penampilan luar biasa dengan penyelamatan di waktu tambahan yang memastikan kemenangan dramatis dan membuka jalan untuk bertemu dengan Belanda di babak perempat final pada Sabtu mendatang.

Kemenangan ini juga menjadi semacam pembalasan bagi Montella setelah Austria menghancurkan timnya dengan skor 6-1 dalam pertandingan persahabatan pada bulan Maret lalu.

"Itu adalah noda mengerikan dalam karir saya," ujar Montella. "Saya benar-benar menunggu kesempatan untuk melawan tim ini dan menghilangkan beban dari punggung saya. Jadi, saya menghormati Austria, saya menghormati pelatih kepala mereka, saya menghormati rencana permainan dan taktik yang mereka terapkan di lapangan. Tapi kami, para pelatih kepala, seperti halnya para pemain sepak bola, adalah pesaing," kata pelatih asal Italia berusia 50 tahun itu.

"Dan saya memiliki insting kompetitif yang sangat kuat dalam diri saya karena saya ingin mengubah hasil ini. Ini hanya pertandingan persahabatan, tapi tidak ada yang namanya persahabatan di tingkat internasional."

Kemenangan Turki memicu perayaan besar dengan klakson mobil dan kibaran bendera di banyak kota di Jerman. "Saya melihat semangat Turki hari ini, dan itulah yang saya cintai dari negara ini," kata Montella.

Kemenangan ini diraih meskipun Turki kehilangan kapten Hakan Calhanoglou dan bek Samet Akaydin yang harus absen karena skorsing. Mereka juga akan kehilangan Orkun Kokcu dan Ismail Yuksek saat melawan Belanda karena akumulasi kartu kuning.

Ketika ditanya apakah dipaksa untuk mengubah skuad bisa menjadi keuntungan – mungkin membuat Belanda lebih sulit untuk mempersiapkan diri – Montella tertawa dan berkata, "Ini lebih seperti sakit kepala daripada menyenangkan."

Setelah kemenangan mereka atas Austria, yang berhasil finis di atas Belanda dan Prancis di grup mereka, para penggemar Turki mungkin percaya bahwa tim mereka bisa melaju hingga akhir. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.