https://jatim.times.co.id/
Berita

5 Fakta NICT Jepang Temukan Teknologi Internet Tercepat

Jumat, 05 Juli 2024 - 17:39
5 Fakta NICT Jepang Temukan Teknologi Internet Tercepat Ilustrasi - NICT temukan teknologi internet tercepat capai 402 Terabit per detik (Foto: AI/Akademi AI Indonesia)

TIMES JATIM, JAKARTA – Tim peneliti dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT) Jepang telah mencetak rekor baru dalam dunia teknologi. Mereka menemukan teknologi internet tercepat di dunia. 

Disarikan TIMES Indonesia dari Tech Times Japan, berikut ini lima fakta menarik tentang pencapaian NICT temukan teknologi internet cepat.

1. Kecepatan 402 TeraBit per Detik

Dalam sebuah terobosan besar, tim NICT berhasil mencapai kecepatan transmisi data hingga 402 TeraBit per detik. Kecepatan ini jauh melampaui kapasitas internet yang ada saat ini.

Praktis temuan NICT ini menjadikan Jepang bakal memiliki teknologi internet tercepat di dunia. Untuk memberikan gambaran, dengan kecepatan ini, pengguna bisa mengunduh ribuan film HD hanya dalam hitungan detik.

2. Teknologi Serat Optik yang Revolusioner

Penemuan ini menggunakan serat optik standar, namun dengan pendekatan inovatif. Para peneliti NICT memanfaatkan semua pita transmisi yang tersedia dalam serat optik dan menerapkan berbagai teknologi amplifikasi. 

Metode baru ini memungkinkan akses ke pita panjang gelombang yang sebelumnya tidak digunakan. Hal ini membuka potensi besar untuk peningkatan kapasitas jaringan telekomunikasi di masa depan.

3. Potensi Peningkatan Kapasitas Komunikasi

Salah satu keuntungan terbesar dari teknologi ini adalah potensinya untuk meningkatkan kapasitas komunikasi infrastruktur optik secara signifikan. Dalam era di mana permintaan akan layanan data terus meningkat, teknologi ini bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Hingga Mei 2024, kecepatan broadband rata-rata di AS adalah 248,27 Mbps untuk unduhan, menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk teknologi yang lebih cepat dan lebih andal.

4. Tantangan Implementasi di Dunia Nyata

Meskipun pencapaian ini sangat mengesankan, NICT mengakui bahwa penerapan praktis dari teknologi ini memerlukan penelitian lebih lanjut. Keberhasilan yang dicapai dalam kondisi laboratorium optimal harus diujicobakan dalam skenario dunia nyata. 

Peneliti perlu mengatasi berbagai tantangan teknis dan memastikan teknologi ini dapat diimplementasikan secara efektif di berbagai kondisi lingkungan.

5. Perbandingan Kecepatan Internet Global

Speedtest Global Index mencatat, hingga Mei 2024, kecepatan internet di berbagai negara sangat bervariasi. Jepang berada di peringkat ke-16 untuk koneksi fixed broadband dengan kecepatan unduh rata-rata 45,17 Mbps. Sementara itu, Indonesia berada di urutan ke-127 dengan kecepatan unduh rata-rata 31,20 Mbps. 

Lewat penemuan teknologi internet tercepat oleh NICT berpotensi memperkecil kesenjangan ini dan membawa kemajuan signifikan dalam kecepatan internet global.

Dengan keberhasilan ini, NICT berharap dapat membuka jalan bagi jaringan telekomunikasi yang lebih cepat dan efisien. Teknologi internet tercepat ini tidak hanya menjanjikan kecepatan yang luar biasa, tetapi juga kapasitas yang lebih besar untuk menangani permintaan data yang terus meningkat. 

Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat membawa teknologi internet cepat ini dari laboratorium ke dunia nyata. Lalu, menghadirkan revolusi dalam cara kita mengakses dan menggunakan internet. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.