https://jatim.times.co.id/
Berita

FISIP UB Optimalisasikan Portal Informasi Muhammadiyah Kota Malang

Kamis, 10 Oktober 2024 - 22:17
FISIP UB Optimalisasikan Portal Informasi Muhammadiyah Kota Malang Pengmas FISIP UB saat berada di PDM Kota Malang. (Foto: FISIP UB)

TIMES JATIM, MALANG – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) lakukan inisiatif penting dalam optimalisasi portal informasi milik Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang, yaitu Tunasmalang.id. Hal ini dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Prof. Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas portal tersebut sebagai media komunikasi dan informasi publik bagi PDM.

Program optimalisasi ini dilakukan melalui kerjasama dengan mahasiswa dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dalam bentuk Program Magang MPID (Majelis Pustaka, Informasi, dan Digitalisasi). Pembekalan magang telah dilaksanakan pada tanggal 25 September 2024 di FISIP UB, yang diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai jurusan, seperti bisnis digital dan teknologi informasi.

Dalam kegiatan pembekalan ini, para peserta diberikan orientasi tentang profil Tunasmalang.id, pembagian tugas dalam divisi magang, program kerja yang harus dijalankan, serta materi-materi penting yang dapat diterapkan dalam rangka mengoptimalkan portal informasi media online itu.

Dalam keterangannya, Prof. Anang menjelaskan bahwa program magang ini bertujuan tidak hanya untuk membantu optimalisasi Tunasmalang.id sebagai portal informasi online bagi PDM Kota Malang, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang telah mereka pelajari di bangku kuliah.

Dengan demikian, para mahasiswa dapat langsung terlibat dalam dunia kerja dan berkontribusi nyata terhadap pengembangan media digital di lingkup masyarakat.

“Pelibatan mahasiswa dalam membantu optimalisasi Tunasmalang.id sebagai portal informasi online PDM Kota Malang. Upaya ini juga sekaligus untuk memberi medium praktik setelah mereka mendapat teori di bangku kuliah,” ucap Dekan FISIP UB tersebut.

Program magang ini direncanakan berlangsung selama empat bulan. Ini merupakan tahun kedua pelaksanaan program yang menitikberatkan pada implementasi jurnalisme kolaboratif. Salah satu tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi serta distribusi konten berita di halaman tersebut.

Melalui pendekatan ini, diharapkan portal yang digawangi salah satu organisasi keagamaan besar tersebut dapat lebih berfungsi sebagai media komunikasi publik yang efektif, serta mendukung penguatan institusional branding dari PDM Kota Malang.

Lebih jauh lagi, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat antara lembaga pendidikan dan organisasi masyarakat seperti Muhammadiyah. Dengan adanya kolaborasi antara akademisi, mahasiswa, dan organisasi kemasyarakatan, portal yang digawangi oleh PDM Kota Malang itu diharapkan mampu menjadi portal informasi yang tidak hanya menyajikan berita.

FISIP UB juga berharap agar portal tersebut dapat menjadi sarana untuk mendukung perkembangan literasi digital di lingkungan Muhammadiyah Kota Malang. Pada akhirnya, optimalisasi ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, terutama dalam hal penyebaran informasi yang akurat dan terpercaya. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.