https://jatim.times.co.id/
Berita

Cegah Kasus Bunuh Diri, Khofifah-Emil Siapkan Program Khusus Mental Health

Kamis, 10 Oktober 2024 - 19:30
Cegah Kasus Bunuh Diri, Khofifah-Emil Siapkan Program Khusus Mental Health Calon Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat bersama Heraldha Savira, Konselor Psokologi Klinis dan Juru Bicara Muda Khofifah-Emil. (Foto: Dok. KIP)

TIMES JATIM, SURABAYA – Dalam merespons meningkatnya kasus bunuh diri di kalangan anak muda, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Khofifah-Emil) memberikan perhatian khusus untuk program-program kesehatan mental yang khusus menargetkan remaja dan generasi muda. Program ini bertujuan mencegah peningkatan kasus gangguan mental dan bunuh diri, terutama di kalangan anak sekolah dan komunitas muda. 

Program program seperti ini semakin penting untuk dikenal masyarakat Jatim di Hari Kesehatan Mental Sedunia, di mana Khofifah mengajak masyarakat meningkatkan empati dan kepedulian terhadap sesama.

“Kesehatan mental adalah tanggung jawab bersama. Dengan meningkatkan empati dan kepedulian, kita lebih peka terhadap orang di sekitar kita dan lebih terbuka untuk memberikan dukungan kepada mereka yang mengalami masalah mental,” ujar Khofifah, Kamis (10/10/2024).

Menurut Khofifah, tantangan mental anak muda semakin besar dengan tekanan sosial, akademik, dan media sosial.

"Banyak anak muda yang merasa terisolasi atau mengalami kecemasan akibat tekanan ini. Penting bagi kita semua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, agar mereka merasa aman berbagi dan mencari bantuan," ungkap Khofifah.

Sementara itu, Heraldha Savira, Konselor Psokologi Klinis dan Juru Bicara Muda Khofifah-Emil menambahkan, jika kesehatan mental adalah hak semua orang. Kita sering menghadapi tekanan sosial dan emosional yang memengaruhi kesejahteraan diri. Artinya sudah saatnya program kesehatan mental makin diperluas aksesnya untuk anak muda.

"Mari ciptakan lingkungan di mana kita merasa aman mengekspresikan diri dan mencari bantuan saat dibutuhkan.” jelasnya.

Program Khusus Khofifah Emil untuk Kesehatan Mental

Terpisah dr. Makhyan Jibril, Dokter yang Juru Bicara Muda Khofifah-Emil, menyampaikan bahwa pasangan ini adalah satu-satunya kandidat yang secara spesifik mencantumkan program kesehatan mental dalam visi misinya.

“Program Mental Wellness and Happiness Center akan mendatangi SMA dan komunitas-komunitas muda yang berisiko tinggi mengalami gangguan mental. Ini langkah proaktif untuk memastikan anak muda mendapatkan dukungan yang tepat untuk mencegah gangguan mental," katanya.

"Dengan program ini, diharapkan kasus bunuh diri di kalangan anak muda dapat ditekan dan kesejahteraan mental mereka terjaga," sambung Makhyan. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.