https://jatim.times.co.id/
Berita

Hari Kesehatan Mental, Dosen UIN Malang Rilis Lagu Berjudul Philophobia

Kamis, 10 Oktober 2024 - 21:06
Hari Kesehatan Mental, Dosen UIN Malang Rilis Lagu Berjudul Philophobia Dosen UIN Malang, Whida Rositama yang merilis lagu Philophobia di hari kesehatan mental seduia, Kamis (10/10/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) Whida Rositama, M.Hum, CT kembali merilis sebuah lagu baru. Lagu berjudul Philophobia ini dirilis bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Mental sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2024.

Philophobia atau dalam bahasa Indonesia disebut Filopobia, adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan yang berlebihan untuk jatuh cinta. Biasanya disebabkan oleh pengalaman buruk di masa lalu. Melalui lagu ini, wanita yang akrab disapa Miss Whida ini ingin menyuarakan menyuarakan isi hati mereka yang terluka dan enggan menjalin hubungan emosional karena takut akan rasa sakit.

“Lagu ini adalah bentuk empati saya kepada mereka yang hidup dalam ketakutan akan cinta,” tuturnya.

Rilisnya lagu yang bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia, menjadikannya lebih dari sekadar musik, melainkan sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental.

Melalui lagu ini, dia ingin mengajak masyarakat untuk lebih peka dan berempati terhadap kondisi tersebut, sekaligus mengingatkan bahwa kesehatan mental adalah bagian penting dari kehidupan yang sering diabaikan.

Dengan aransemen musik yang minimalis dan tajam, Philophobia menyajikan nuansa yang intim dan pribadi. Penggunaan instrumen yang sederhana berpadu harmonis dengan melodi sepi yang menggambarkan perasaan kehilangan dan ketakutan, menciptakan atmosfer yang menyelimuti inti dari lagu ini.

“Saya berharap, melalui Philophobia, mereka yang merasa takut bisa menemukan keberanian untuk terbuka, dan membantu orang lain memahami bahwa cinta, dengan segala risikonya, adalah bagian dari perjalanan hidup yang layak diperjuangkan," imbuhnya.

Saat ini, single baru milik wanita yang juga dipercaya menjadi script writer film layar lebar berjudul Tak Kenal Maka Ta'aruf ini sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik seperti sportify, youtube, dan lainya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.