https://jatim.times.co.id/
Berita

Beasiswa Kemenag Dukung Santri Wujudkan Masa Depan

Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:27
Beasiswa Kemenag Dukung Santri Wujudkan Masa Depan Menag Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: dok. Kemenag)

TIMES JATIM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk akses layanan pendidikan untuk para guru madrasah dan para santri. 

Untuk mewujudkan layanan pendidikan secara fleksibel bagi para guru di madrasah dan para santri, Kemenag berhasil mencetuskan satu terobosan yang patut dibanggakan yaitu pendirian Cyber Islamic University (CIU), Universitas Islam Negeri Siber Syekhnurjati Cirebon (UIN SSC).

Terobosan di bidang pendidikan yang menjadi salah satu program prioritas Kemenag tersebut, saat ini juga menjadi Kampus Islam Siber pertama di Indonesia.

CIU yang dimulai sejak 2021 itu dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini sudah berhasil berkembang menjadi 6 prodi pada tahun 2024 dengan total sebanyak 4.200 mahasiswa. 

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat gelaran Religion Festival pada Rabu (9/10/2024) malam kemarin mengatakan bahwae Kemenag telah berhasil mendirikan Universitas Islam Negeri (UIN) Siber yang menjadi Cyber Islamic University pertama di Indonesia. 

Selain itu, sejak 2015 hingga 2024 Kemenag telah menyalurkan 3,8 triliun dalam bentuk beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah untuk 156.425 mahasiswa di 541 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

"Tentu ini pencapaian yang membanggakan," ucap Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan persnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (10/10/2024). 

Kemenag juga telah mengalokasikan 62 triliun untuk jenjang profesi guru dan 4 triliun untuk intensif guru.

"Ini bagian dari penghargaan Kemenag kepada para guru, para insan pendidik yang menjadi jaminan bahwa anak-anak kita para santri bisa melampaui masa depan," ujar Gus Men.

"Kita juga melakukan peresmian Dhammasekha Buddha. Pendidikan keagamaan Buddha yang belum dilakukan sebelumnya," tandasnya.

Tidak hanya perguruan tinggi, Kemenag juga mendorong program kemandirian ekonomi pesantren.

"Program kemandirian ekonomi pesantren itu sekarang terbentuk 436 badan usaha milik pesantren. Sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya," kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Basnang Said.

Dia juga menjelaskan aspek kelembagaan di Kemenag juga makin kuat.

"Kami juga mendapatkan penghargaan tertinggi sebagai kementerian/lembaga dengan inovasi terbaik dari Kemenpan RB. Kemudian dari aspek kelembagaan lainnha yakni aksi pencegahan korupsi," tandasnya. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.