https://jatim.times.co.id/
Berita

Koleksi Museum Sunan Drajat akan Tampil di Lamongan Museum Expo 2024

Senin, 14 Oktober 2024 - 17:01
Koleksi Museum Sunan Drajat akan Tampil di Lamongan Museum Expo 2024 Koleksi Museium Sunan Drajat (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Koleksi jejak sejarah Museum Sunan Drajat Kecamatan Paciran, Lamongan akan ditampilkan dalam Lamongan Museum Expo 2024 dengan tema Jejak Kejayaan Peradaban Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Pemkab Lamongan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). 

Acara yang akan berlangsung di gedung Sport Center Lamongan mulai tanggal 28 Oktober hingga 30 Oktober mendatang tersebut diikuti oleh berbagai museum terkemuka dari Jawa Timur.

Kepala Disparbud Lamongan Siti Rubikah, menyatakan bahwa tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan museum sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, siswa, dan masyarakat umum. 

“Kami ingin mengenalkan sejarah dan kearifan lokal yang ada di Jawa Timur kepada masyarakat luas,” ucap Rubikah, Senin (14/10/2024). 

Sampai dengan saat ini selain Museum Sunan Drajat Lamongan, Rubikah menyebutkan, sebanyak 8 (delapan) museum dan satu dinas di Provinsi Jawa Timur telah mendaftar untuk mengikuti event tersebut. 

Diantaranya, Museum Sunan Giri dari Gresik, Kambang Putih dari Tuban, Rajekwesi dari Bojonegoro, Museum Daerah dari Lumajang, Museum Pusat TNI Angkatan Laut dan Museum Cakraningrat dari Bnagkalan. 

"Selain itu, Museum Islam KH. Hasyim Asy'ari dari Jombang dan Indonesia Islamic Art dari WBL serta Dinas Perpustakaan Kota Makassar," katanya.

Kepala-Disparbud-Lamongan-Siti-Rubikah.jpgKepala Disparbud Lamongan Siti Rubikah

Tak hanya itu, Rubikah mengatakan, Lamongan Museum Expo juga menghadirkan berbagai kegiatan edukatif, seperti lomba nembang tembang dolanan tingkat SMP dan MTs, serta lomba bercerita bahasa Jawa untuk siswa SD. 

"Di event yang menghadirkan koleksi sejarah dari berbagai museum tersebut juga akan ada workshop penulisan bahasa Jawa dan lomba nembang tembang dolanan," tuturnya. 

Rubikah berharap acara ini bisa menggugah kesadaran generasi muda untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya Jawa Timur khususnya Kabupaten Lamongan. 

“Banyak peninggalan sejarah yang tersimpan di museum-museum, seperti di Museum Sunan Drajat. Ini adalah kesempatan untuk menyampaikan pesan penting kepada generasi muda tentang pentingnya melestarikan kebudayaan kita,” ucapnya. 

Dengan hadirnya Museum Sunan Drajat di expo ini, Rubikah menuturkan, masyarakat diharapkan semakin memahami nilai-nilai sejarah dan budaya yang ada di Lamongan dan sekitarnya. Event Lamongan Museum Expo 2024 tentunya bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengeksplorasi kekayaan budaya dan sejarah yang ada di Jawa Timur," ujar Rubikah. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.