https://jatim.times.co.id/
Berita

Ekspresi Dapat Nomor Urut, Tiga Paslon di Pilkada 2024 Kota Madiun Beradu Pantun

Selasa, 24 September 2024 - 09:29
Ekspresi Dapat Nomor Urut, Tiga Paslon di Pilkada 2024 Kota Madiun Beradu Pantun Tiga paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun pada Pilkada 2024 menunjukkan nomor urut yang diperoleh.  (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)

TIMES JATIM, MADIUN – Tiga pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun siap adu kekuatan mendulang suara dukungan pada Pilkada 2024.

KPU Kota Madiun telah menetapkan tiga paslon yang memenuhi syarat dilanjutkan dengan undian dan penetapan nomor urut pada Senin (23/9) malam.

Hasilnya, pasangan Inda Raya Miko Saputri dan Aldi Dwi Prastianto dengan sebutan Dadi Juara mendapatkan nomor urut 1.

Sedangkan pasangan Maidi-Bagus Panuntun dengan sebutan Madiun mendapatkan nomor urut 2. Dan pasangan Bonie Laksmana-Bagus Rizky Dinarwan dengan sebutan BoNus mendapat nomor urut 3. 

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut disambut dengan ekspresi berbeda oleh masing-masing paslon.

Pasangan Dadi yang mendapat giliran pertama mengambil nomor undian langsung bersorak ketika membuka gulungan kertas bertulis nomor 1. Bahkan Aldi sempat melompat kegirangan dan mengacungkan jari telunjuk ke arah pendukungnya. 

Ekspresi gembira juga ditunjukkan pasangan Madiun ketika gulungan kertas yang diambil tertera nomor urut 2.

Maidi mengangkat tinggi-tinggi kertas bertulis angka 2. Sementara Bagus Panuntun juga mengancungkan dua jari tangan yang disambut riuh pendukungnya mengangkat tangan dengan dua jari.

Tak kalah antusias, pasangan BoNus yang mendapatkan gulungan kertas undian bertuliskan angka 3.

Bagus Rizky bertepuk tangan saat Bonie mengangkat tinggi kertas undian nomor urut. Sementara pendukung BoNus menyambut dengan acungan tiga jari yang identik dengan salam metal. 

Masing-masing paslon dengan optimis mengungkapkan filosofi nomor urut yang mereka dapatkan. Pasangan Inda Raya-Aldi menilai angka satu sebagai simbol juara dan sesuai dengan sebutan dan jargon mereka yakni Dadi Juara.

"Angka satu juga berarti fokus pada satu tujuan yaitu mensejahterakan masyarakat Kota Madiun secara adil dan merata," ujar Inda saat sesi sambutan paslon. 

Paslon Maidi-Bagus Panuntun (Madiun) mengaku bersyukur mendapatkan nomor urut 2. Maidi yang notabene adalah calon incumbent mengartikan angka 2 sebagai simbol keberlanjutan.

"Nomor 1 sudah saya lalui. Nomor 2 artinya lanjutkan. Terima kasih tokoh masyarakat yang telah ikut berjuang dan merubah Kota Madiun dan mendukung saya pada jilid 1 demi kemajuan dan masyarakat serta dibanggakan warga Kota Madiun," tegas Maidi. 

Nomor urut 3 dinilai sebagai simbol persatuan oleh pasangan Bonie-Bagus Rizky (BoNus). Bonie mengaitkan nomor urut yang diperolehnya dengan sila ketiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia.

Pasangan ini berkomitmen menyatukan berbagai elemen, golongan dan perbedaan. "Nomor 3 adalah penuh barokah karena saat berwudlu untuk melakukan salat. Satu kali dua kali boleh tapi untuk sempurna harus tiga kali," kata Bonie. 

Selain menyampaikan filosofi nomor urut menurut versi masing-masing, tiga paslon juga adu pantun sebagai closing statement di sesi sambutan.

Calon wakil wali kota yakni Bagus Panuntun, Aldi Prastianto dan Bagus Rizki Dinarwan kebagian tugas berpantun. Pantun dari ketiga paslon menjadikan suasana rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut menjadi cair dan disambut gempita pendukung masing-masing.

Dengan dilaluinya tahapan penetapan paslon dan nomor urut maka konstetasi Pilkada 2024 di Kota Madiun dimulai.

Hari ini KPU Kota Madiun menggelar deklarasi kampanye damai yang diikuti semua paslon Pilkada 2024. Sekaligus penanda diawalinya tahapan kampanye 25 September-23 November 2024. (*)

Pewarta : Yupi Apridayani
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.