https://jatim.times.co.id/
Berita

Jamin Keamanan Paslon, Polres Pacitan Serahkan Pengawal Pribadi Selama Proses Pilkada 2024

Selasa, 24 September 2024 - 11:51
Jamin Keamanan Paslon, Polres Pacitan Serahkan Pengawal Pribadi Selama Proses Pilkada 2024 Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho saat menyerahkan 8 personel pengawal pribadi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan selama Pilkada 2024. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITANPolres Pacitan telah resmi menyerahkan 8 personel yang akan bertugas sebagai pengawal pribadi (Walpri) untuk pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada 2024

Penyerahan dilakukan dalam acara Rapat Pleno Terbuka pengundian dan penetapan nomor urut Paslon di Gedung Gasibu Swadaya, Senin (23/9/2024) malam.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, menegaskan bahwa personel yang ditugaskan sebagai Walpri akan mendampingi setiap Paslon selama rangkaian tahapan Pilkada hingga selesai. 

Langkah ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi setiap calon dalam menjalankan kegiatan kampanye. 

“Walpri merupakan personel Polres Pacitan yang telah menjalani pelatihan khusus dan dipersiapkan untuk mengamankan Paslon selama tahapan Pilkada 2024,” jelas AKBP Agung. 

Menurutnya, dengan keberadaan Walpri, para Paslon diharapkan dapat melaksanakan kegiatan Pilkada tanpa merasa khawatir akan potensi gangguan keamanan. 

Para pengawal pribadi ini juga telah menjalani seleksi ketat di tingkat Polres hingga Polda Jawa Timur, dan dibekali serangkaian pelatihan khusus untuk memastikan kesiapan mereka dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Setelah dinyatakan lulus seleksi, mereka mengikuti serangkaian pelatihan di tingkat Polda dan Polres sebagai persiapan penugasan di lapangan,” tambah Kapolres.

Kapolres Pacitan juga memberikan pesan tegas agar para Walpri menjalankan tugas mereka secara profesional dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis. 

Dia menekankan bahwa para Paslon tidak diperkenankan memberikan fasilitas apapun kepada personel Walpri, guna menghindari adanya potensi konflik kepentingan yang bisa mengganggu integritas tugas mereka.

“Para Paslon tidak diperkenankan memberikan fasilitas apapun kepada Walpri, agar tugas mereka tetap profesional dan tidak terjadi konflik kepentingan,” tegas AKBP Agung.

Lebih lanjut, dia mengingatkan bahwa keselamatan para Paslon menjadi prioritas utama bagi setiap anggota Walpri. Profesionalisme dan kewaspadaan dalam bertugas sangat diperlukan agar tidak terjadi kelengahan selama proses pengamanan.

“Keselamatan Paslon dan diri sendiri harus selalu diutamakan. Jangan lengah dan tetap profesional dalam bertugas,” tuturnya.

Tahapan Pilkada Pacitan

Sementara itu, Ketua KPU Pacitan, Aswika Budhi Arfandy, menyampaikan bahwa saat ini tahapan Pilkada sudah memasuki fase pengundian nomor urut Paslon.

 Dalam pengundian tersebut, Paslon Ronny Wahyono-Wahyu Saptono Hadi memperoleh nomor urut 1, sedangkan Paslon Indrata Nur Bayuaji-Gagarin mendapatkan nomor urut 2.

Dengan adanya personel pengawal pribadi dari Polres Pacitan, kedua Paslon dipastikan akan mendapatkan jaminan keamanan selama masa kampanye hingga seluruh rangkaian Pilkada 2024 berakhir. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.