https://jatim.times.co.id/
Berita

Anggarkan Rp 6,9 Milliar, Dinas PUPR Kota Batu Bangun Trotoar Berfosfor Tahap Dua

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:19
Anggarkan Rp 6,9 Milliar, Dinas PUPR Kota Batu Bangun Trotoar Berfosfor Tahap Dua DPUPR Kota Batu mulai membangun trotoar yang diberi fosfor agar menyala di malam hari. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu memulai pengerjaan pembangunan trotoar berfosfor di Jalan PB Sudirman tahap kedua. Pembangunan ini diawali dengan pembongkaran trotoar lama yang ada di dua sisi.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu Eko Setyawan menjelaskan bahwa revitalisasi yang dilakukan bulan Juli 2024 ini merupakan pembangunan trotoar tahap kedua.

"Revitalisasi ini kita awali dengan pembongkaran trotoar dalam beberapa minggu ke depan," ujar Eko. Ruas trotoar yang akan dibangun cukup panjang kurang lebih 2 kilometer dengan rincian trotoar sepanjang 1,2 kilometer trotoar di sisi Utara dan 800 meter untuk trotoar di sisi Selatan.

DPUPR-Kota-Batu-2.jpg

Menurut Eko, bagian aset sudah memberikan lampu hijau untuk pembongkaran trotoar ini. "Insya Allah pekerjaan ini akan selesai dalam dua minggu ke depan, dilanjutkan dengan pembangunan tahap kedua. Bahannya sama seperti pembangunan tahap 1 lalu, trotoarnya kita beri fosfor agar bisa memantulkan cahaya kalau malam hari," ujarnya.

Pembangunan ini akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 6,9 milliar dan diperkirakan akan selesai selama empat bulan hingga akhir bulan Oktober.

Selain membangun trotoar, DPUPR juga melakukan penataan pohon tepi jalan yang tumbuh disekitar lokasi pembangunan. Menurut Eko, pihaknya berkoordinasi dengan DLH dan DPUPR Provinsi Jatim karena lokasi pembangunan berada di jalan provinsi.

"Pohon ini kita tata, kita data dulu berapa pohon yang harus dipindahkan, berapa pohon pengganti yang harus disiapkan. Tetap ditanam pohon jenis Tabebuya," ujar Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu ini. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.