https://jatim.times.co.id/
Berita

Bhabinkamtibmas Polresta Banyuwangi Sabet Penghargaan Atas Inovasi Pelayanan Publik

Jumat, 25 Oktober 2024 - 17:06
Bhabinkamtibmas Polresta Banyuwangi Sabet Penghargaan Atas Inovasi Pelayanan Publik Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Rama Samtama Putra S.I.K., M.Si., M.H foto bersama Tiga Pilar Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore setelah mendapat juara. (Foto : Humas Polresta Banyuwangi For TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Bhabinkamtibmas Polresta Banyuwangi yang tergabung dalam Tiga Pilar Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, menyabet penghargaan dari Anugerah Patriot Jawi Wetan (APJW) 2024 dengan kategori Inovasi Pembangunan Dan Pelayanan Publik.

Acara Awarding Night APJW sukses digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Kamis (24/10/2024). Acara penganugerahan penghargaan tersebut ditujukan bagi Tiga Pilar yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kepala Desa atau Kelurahan untuk desa-desa yang berprestasi di wilayah Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh penting di Jawa Timur. Diantaranya PJ Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, BPK, dan Owner harian DisWay Dahlan Iskan, termasuk pejabat penting lainnya. 

APJW merupakan ajang tahunan yang memberikan penghargaan kepada desa-desa dan kelurahan di Jawa Timur atas inovasi dan kontribusi mereka dalam berbagai aspek, seperti ketahanan masyarakat, keamanan ketertiban, inovasi pelayanan publik, hubungan program pembangunan nasional maupun wilayah, sinergi antar lembaga, pelayanan publik, hingga partisipasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Direktur Harian Disway Dahlan Iskan menyampaikan, pentingnya peran desa dalam membangun ketahanan wilayah.

"Tiga pilar terendah, yang terdiri dari kepala desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa, berperan penting dalam menciptakan kondisi yang aman, damai, dan sejahtera di tingkat akar rumput," katanya, Jumat (25/10/2024).

Pangdam V Brawijaya melalui Kasdam Brigjen TNI Endro Satoto juga menekankan, bahwa kolaborasi antara berbagai elemen masyarakat adalah kunci menjaga keamanan dan kesejahteraan Jawa Timur.

“Sinergi seperti Tiga Pilar tersebut adalah kunci dalam keamanan di wilayah terkecil yakni tingkat desa,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim menggarisbawahi pentingnya solidaritas dan inovasi dalam menjawab kompleksitas wilayah Jawa Timur, terutama menjelang Pilkada 2024.

“Menjelang Pilkada kontribusi Tiga Pilar tersebut adalah sangat penting,” tuturnya.

Penghargaan APJW 2024 ini melibatkan lebih dari 8.500 desa di Jawa Timur. Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore meraih penghargaan dalam kategori Inovasi Pembangunan dan Pelayanan Publik. 

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si.M.H., mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil sinergitas dari semua pihak terkait. 

“Selamat dan terus berinovasi dengan tetap menjaga erat sinergitas yang telah terjalin,” ucapnya.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi model untuk kompetisi serupa di tingkat nasional pada tahun-tahun mendatang,” imbuh Kombes Pol Rama.

Bhabinkamtibmas Desa Sepanjang, Aipda Ngadiyanto juga mengatakan bahwa penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi yang luar biasa.

“Ini semua berkat kolaborasi semua pihak" ungkapnya.

Acara yang diakhiri dengan foto bersama ini merupakan wujud apresiasi terhadap upaya kolaboratif dalam membangun ketahanan dan inovasi di tingkat desa. Dengan tema ‘Jatim Bersatu untuk Maju’. (*) 

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.