https://jatim.times.co.id/
Wisata

Ingin Melihat Blue Fire Di Kawah Ijen? Ini Harga Tiket Terbarunya

Jumat, 25 Oktober 2024 - 16:55
Ingin Melihat Blue Fire Di Kawah Ijen? Ini Harga Tiket Terbarunya Fenomena Blue Fire yang ada di TWA Kawah Ijen Banyuwangi-Bondowoso. (Foto : Dokumentasi Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Menikmati pemandangan blue fire di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen menjadi pengalaman yang luar biasa bagi wisatawan. Fenomena alam langka ini hanya bisa ditemukan di beberapa tempat di dunia, salah satunya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dengan harga tiket terbaru yang kini telah diumumkan, petualangan menyaksikan cahaya biru yang memukau ini siap memanjakan mata para wisatawan.

Kebijakan kenaikan tarif baru mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2024 tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

Untuk tiket masuk TWA Kawah Ijen Merapi Ungup-Ungup bagi wisatawan mancanegara (wisman) per orang dikenakan biaya Rp150 ribu. Biaya tersebut untuk hari kerja maupun libur.

Sementara itu, untuk wisatawan nusantara (wisnus) per orang saat hari kerja dikenakan biaya tiket yang biasanya Rp5 ribu naik menjadi Rp20 ribu, sedangkan hari libur dikenakan biaya Rp30 ribu dari yang sebelumnya Rp7.500.

Berbeda lagi bagi rombongan pelajar dan mahasiswa nusantara minimal 5 orang dikenakan Rp10 ribu untuk hari biasa dan untuk tanggal merah Rp15 ribu.

Selain tiket masuk, ada pula tarif untuk pungutan kegiatan yang mengalami penyesuaian. Berkemah per orang/hari Rp5 ribu, Mendaki gunung per orang/kegiatan Rp20 ribu, videografi yang dipergunakan untuk iklan produk/ikan jasa/video clip/fim/drama/sinetron/FTv/web drama/reality show dan sejenisnya Rp20 juta untuk wisman sedangkan wisnus Rp10 juta.

Lebih lanjut, fotografi yang dipergunakan untuk paket wisata/majalah/iklan produk/iklan jasa dan sejenisnya Rp5 juta untuk wisman sedangkan wisnus Rp2 juta dan terakhir video dan foto prewedding Rp3 juta untuk wismas sedangkan wisnus Rp1 juta.

Adapun tarif untuk akses masuk roda 2 Rp5 ribu, roda 4 Rp10 ribu, roda 6 atau lebih Rp50 ribu, sepeda Rp2 ribu, dan kuda Rp1.500 untuk hari biasa maupun hari libur.

Tarif tiket pengunjung kawasan Suaka Margasatwa dan TWA Kawah Ijen sebagaimana yang diketahui belum termasuk biaya asuransi yang telah berlaku.

Penerapan tarif masuk kunjungan kawasan Suaka Margasatwa dan TWA Kawah Ijen lingkup Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur mulai berlaku pada Rabu (30/10/2024).

Kenaikan tarif ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas bagi para pengunjung serta mendukung program konservasi di taman nasional tersebut.(*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.