https://jatim.times.co.id/
Berita

Gunung Semeru Lumajang Erupsi, Abu Vulkanik Mencapai 700 Meter

Rabu, 03 Juli 2024 - 15:15
Gunung Semeru Lumajang Erupsi, Abu Vulkanik Mencapai 700 Meter Gunung Semeru erupsi dengan letusan setinggi 700 meter. (Foto: ANTARA/HO-PVMBG/pri)

TIMES JATIM, LUMAJANGGunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya pada Rabu pagi (3/7/2024). 

Erupsi terjadi pukul 09.51 WIB dengan kolom abu vulkanik setinggi 700 meter di atas puncak. 

Menurut petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Liswanto, kolom abu terlihat berwarna putih hingga kelabu dan bergerak ke arah utara dengan intensitas sedang.

"Saat laporan dibuat, erupsi masih berlangsung," ujarnya.

Gunung Semeru, dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, mengalami lima kali erupsi pada Rabu pagi.

Letusan terjadi pukul 07.01 WIB, 08.05 WIB, 08.16 WIB, 08.31 WIB, dan 08.41 WIB. Namun, visual letusan tidak teramati karena tertutup kabut.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, sebelumnya mengungkapkan jika Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas erupsi dan guguran lava selama periode 23-30 Juni 2024.

"Aktivitas erupsi, awan panas, dan guguran lava masih terjadi, namun jarang teramati karena cuaca berkabut," jelasnya.

Hingga akhir Juni 2024, tingkat aktivitas Gunung Semeru berada pada level III atau siaga.

PVMBG merekomendasikan masyarakat untuk tidak beraktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak.

kemudian, 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terkena perluasan awan panas dan aliran lahar hingga 17 kilometer dari puncak.

Warga juga dilarang beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

Masyarakat diminta waspada terhadap potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama di Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat. 

Potensi lahar juga dapat terjadi pada sungai-sungai kecil anak sungai Besuk Kobokan. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.