https://jatim.times.co.id/
Berita

Pengucapan Sumpah Ketua dan Wakil Ketua DPRD Ponorogo Berlangsung Khidmat

Selasa, 08 Oktober 2024 - 20:44
Pengucapan Sumpah Ketua dan Wakil Ketua DPRD Ponorogo Berlangsung Khidmat DPRD Ponorogo gelar rapat paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan Dewan masa jabatan 2024-2029. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGO – Rapat paripurna pengucapan sumpah janji empat pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2024-2029 berlangsung khidmat, Selasa (8/10/2024) malam.

Pimpinan DPRD terpilih yakni, Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Dwi Agus Prayitno, Wakil Ketua I DPRD Evi Dwitasari, Wakil Ketua II DPRD Pamuji, dan Wakil Ketua III DPRD  Anik Suharto, resmi dikukuhkan untuk memimpin jalannya lembaga penyelenggaraan pemerintahan legislatif selama lima tahun kedepan (2024-2029).

Pelantikan dan pengucapan sumpah empat pimpinan DPRD tersebut diatur UU Nomor 23/2014 pasal 165, bahwa pimpinan terpilih DPRD diresmikan oleh keputusan Gubernur sebelun memangku jabatannya, terlebih dahulu mengucapkan sumpah janji yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri.

Memimpin jalannya rapat, Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo menyampaikan, keberadaan pimpinan DPRD merupakan hal krusial dan strategis dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, dan pelaksanaan  pembangunan daerah.

"Maka dengan pengucapan sumpah jabatan ketua dan wakil ketua DPRD, maka berakhir tugas kami sebagai pimpinan sementara," kata Dwi Agus Prayitno, usai melakukan pengucapan sumpah janji di ruang paripurna DPRD Kabupaten Ponorogo.

Menurut Dwi Agus Prayitno perlu ada koordinasi antar lembaga legislatif dan eksekutif agar terjalin sinergitas yang selaras dan harmonis dalam membangun dan menetapkan kebijakan di daerah.

"Oleh karena itu dalam implementasinya, kedua lembaga harus sama-sama memperkuat sinergi untuk tujuan tersebut. Dan kami DPRD terbuka terhadap usulan dan dukungan dalam menjalankan tugas dan fungsi DPRD," ulasnya.

Ketua DPRD Dwi Agus Prayitno juga mengajak seluruh pihak dapat menciptakan suasana kondusif dalam menyukseskan Pilkada Ponorogo 2024.

"Pada kesempatan ini kami mengajak semua pihak bersama-sama menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo yang kondusif," tukas Dwi Agus Prayitno.

Di tempat yang sama Pjs Bupati Ponorogo Joko Irianto mengucapkan selamat atas ditetapkan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2024-2029.

Ia pun berharap, dalam membangun Kabupaten Ponorogo antara lembaga eksekutif dan legislatif dapat terus bersinergi agar tercipta hubungan kerja yang produktif, harmonis, dan berkelanjutan.

Hadir dalam pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo, jajaran Forkopimda Ponorogo, Kepala OPD Pemkab Ponorogo, Camat se-Kabupaten Ponorogo, serta pengurus partai politik di Ponorogo. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.