Berita

Srikandi Bumi Blambangan, Ipuk Fiestiandani Raih Women of The Year Banyuwangi 2020

Kamis, 14 Januari 2021 - 11:30
2.01k
Srikandi Bumi Blambangan, Ipuk Fiestiandani Raih Women of The Year Banyuwangi 2020 Ipuk Fiestiandani, Women of The Year Banyuwangi 2020. (Grafis: Dena Setya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIIpuk Fiestiandani Azwar Anas sukses meraih penghargaan Anugerah TIMES Indonesia kategori Women of The Year Banyuwangi tahun 2020. Wanita berparas cantik ini merupakan Ketua PKK yang saat ini menjadi Calon Bupati Banyuwangi terpilih tahun 2020.

Anugerah ini pantas disematkan kepada sosok yang layak disebut sebagai Srikandi Bumi Blambangan ini. Ipuk merupakan wanita dengan tabiat kalem dan gigih dalam merajut kerukunan serta merawat persatuan dan kesatuan. Khususnya dalam menjaga stabilitas politik di tengah wabah pandemi Covid-19.

Ipuk adalah figur sampul Banyuwangi sekaligus simpul bagi masyarakat. Cerminan wujud pemimpin perempuan sekaligus idola bagi kaum hawa dan remaja. Sejak dicalonkan oleh masyarakat sebagai kandidat Bupati penerus Abdullah Azwar Anas, nama Ipuk Fiestiandani sekejap mata meroket di permukaan.

Meski Pilkada telah usai namun publik Banyuwangi menolak untuk lupa atas kalimat yang sempat dilontarkan wanita alumnus Universitas Negeri Jakarta tersebut. 

"Pemimpin adalah ketika masyarakat menginginkanmu dan memilihmu menjadi pemimpin. Bukan kamu sendiri yang memutuskan menjadi pemimpin," kata Ipuk seperti ditulis TIMES Indonesia sebelumnya. 

Berikut beberapa poin penilaian TIMES Indonesia yang menjadikan Ipuk Fiestiandani pantas dinobatkan sebagai Srikandi Bumi Blambangan tahun 2020.

  • Kampanye 3M dan Masker Gratis

Sejak protokol kedaruratan pencegahan penularan Covid-19 diumumkan, wanita satu ini sangat getol dalam melangsungkan kegiatan antisipasi penularan. Hingga saat ini, sudah puluhan ribu masker yang dibagikannya.

Bahkan di setiap silaturahmi di kampung - kampung, Ipuk selalu berkampanye protokol 3M. Sesuai anjuran pemerintah pusat, memakai masker, menjaga jarak aman serta senantiasa mencuci tangan. 

  • Politik Santuy dan Menyegarkan 

Sudah menjadi komitmen Ipuk untuk menerapkan metode kampanye dengan mengutamakan pendidikan politik yang santun dan menyegarkan. Bagi Ipuk, politik menyegarkan adalah bagaimana cara memaknainya dengan kompetensi dan tidak fokus kompetisi. 

Ipuk berkomitmen, dalam memajukan Banyuwangi harus menggunakannya model kepemimpinan yang bersandingan bukannya persaingan. Menurutnya, politik tidak harus saling melukai dan menyebarkan kebencian. Tidak harus membalas hujatan dan saling mengumbar pesakitan.

  • Pelopor Musrenbang Anak Muda

Untuk pertama kalinya sebagai pemimpin Banyuwangi yang merangkul kawula muda. Ipuk berani menjamin kemerdekaan kreativitas dan inovasi anak muda untuk berkontribusi dalam pembangunan Banyuwangi nantinya. 

Ipuk telah merancang sebuah Musrenbang anak muda. Dimana akan rutin digelar dalam upaya untuk mengakomodir setiap aspirasi, ide dan gagasan mereka. Kedepannya, pembangunan Banyuwangi akan dilakukan dengan pertimbangan kebijakan dari hasil Musrenbang anak muda tersebut. 

Ipuk meyakini bahwa Banyuwangi bisa dan mampu menjadi Kabupaten paling maju jika dibangun secara gotong royong. Dari unsur pluralisme dan sisi geografis Banyuwangi sangat memungkinkan untuk hal tersebut. 

Lebih dari penilaian tersebut, di tengah pandemi saat ini, sosok Ipuk tetap hadir memberi semangat dan membangun optimisme bahwa Banyuwangi mampu melalui wabah dengan dada membusung dan tampil sebagai perwujudan bangsa besar, berdaulat, adil dan makmur. 

Demikian segelintir kisah Ipuk Fiestiandani Azwar Anas yang terekam TIMES Indonesia di sepanjang tahun 2020 ini. Dari hasil pertimbangan tersebut, Calon Bupati Banyuwangi terpilih ini layak menyandang Anugerah TIMES Indonesia dengan predikat Srikandi Bumi Blambangan Banyuwangi atau Women of The Year Banyuwangi 2020. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.