https://jatim.times.co.id/
Berita

Triathlon Piala Panglima TNI Diharapkan Jadi Event Tahunan

Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:17
Triathlon Piala Panglima TNI Diharapkan Jadi Event Tahunan Peserta Triathlon Open Tournament Piala Panglima TNI yang diselenggarakan oleh Kodam V Brawijaya saat menyelsaikan rute lari, Minggu (27/10/2024). (Foto: Syarifah Latowa/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Hari masih pagi, tepat pukul 05.00 WIB, Minggu, 27 Oktober 2024 terlihat ribuan atlet telah bersiap-siap mengikuti event International Triathlon Open Tournament Piala Panglima TNI yang diselenggarakan oleh Kodam V Brawijaya di Kota Surabaya, Jawa Timur. Triathlon terdiri atas tiga cabang olahraga yakni renang, bersepeda, dan lari.

Acara bergengsi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-79 TNI dengan total hadiah sebesar Rp315 juta ditambah dengan Grand Door Prize.

Rute lomba dimulai dari danau kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Lidah Wetan dengan transisi antara renang, sepeda dan lari melewati beberapa jalan utama di Kota Surabaya dan berakhir di Makodam V Brawijaya. 

Ribuan peserta lomba sangat antusias mengikuti acara prestisius ini. Hal itu dibuktikan dengan pencapaian mereka hingga ke garis finish. Seperti yang disampaikan Dema Abithalia (10) salah satu atlet renang mengutarakan, dirinya sudah mempersiapkan diri sejak beberapa minggu terakhir hanya untuk mengikuti lomba Triathlon.

PesertaTriathlon-Open-Tournament-Piala-Panglima-TNI-a.jpgDema Abithalia (10) mengikuti Triathlon Open Tournament Piala Panglima TNI yang diselenggarakan oleh Kodam V Brawijaya. (Foto: Syarifah Latowa/TIMES Indonesia)

"Saya sangat senang dengan adanya lomba ini, saya bisa menambah pengalaman saya dalam olahraga renang, sepeda dan lari. Sehingga sejak awal saya sudah mempersiapkan diri dengan latihan rutin," ujar Dema sumringah. 

Menurut Dema, rutenya lumayan menantang, badannya terasa capek saat berenang, tapi dirinya optimis bisa ke garis finish dan akhirnya itu tercapai. Bagi Dema, ini kali pertama Ia mengikuti lomba tiga cabang olahraga sekaligus. 

"Tadinya aku sudah menyerah, perutku sudah terasa sakit dan keram. Saya sudah ketinggalan jauh dari peserta lainnya. Tapi saya paksakan dan alhamdulillah sampai juga ke garis finish," ucapnya dengan nafas yang masih terengah-engah. 

Siswi SD Assalam Gurah Jatim ini tergabung dalam komunitas Swiming Club. Sejak TK B Dema sudah sering mengikuti lomba renang dan kerap kali meraih juara. Dema berharap lomba seperti ini bisa menjadi event tahunan sehingga, bisa menjadi wadah para atlet muda seperti dirinya untuk mengekspresikan kemampuannya. 

Hal senada juga disampaikan Steven salah satu peserta yang berasal dari Inggris. Dirinya mengaku sangat antusias mengikuti lomba ini. Jauh-jauh dari negaranya datang ke Indonesia hanya ingin mengikuti lomba ini. 

"Saya sangat senang bisa mengikuti lomba ini. Rutenya sangat menantang. Cukup memacu adrenalin. Semoga lomba seperti ini bisa dilaksanakan lagi tahun depan," ujar Stiven dalam dialeg bahasa Inggris. 

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, mengatakan triathlon ini digelar sebagai wahana untuk silaturahmi bersama masyarakat dalam menyemarakkan rangkaian HUT ke 79 TNI.

"Yang terpenting bagaimana kita bisa bersinergi dengan KONI Jatim, dengan Federasi Triahlon Indonesia Jatim dan Pusat, termasuk seluruh masyarakat yang terlibat termasuk rekan-rekan dari Forkopimda, Polda dan Polres," ujar Pangdam.

PesertaTriathlon-Open-Tournament-Piala-Panglima-TNI-b.jpgPangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rudy Saladin saat diwawancarai awak media. (Foto: Syarifah Latowa/TIMES Indonesia)

Jadi Sarana Sosialisasi Olahraga Triathlon

Selain itu, ajang ini juga digelar untuk membantu Federasi Triahlon Indonesia (FTI) mensosialisasikan materi olahraga Triathlon yang mungkin bagi sebagian masyarakat masih banyak yang awam dengan olahraga ini. 

"Kami berharap dengan digelarnya Triathlon Open Tournament di tempat kita ini, bisa menambah informasi kepada masyarakat tentang olahraga ini. Karena, event ini masuk dalam olimpiade juga," bebernya.

Tidak hanya itu, event ini juga bisa menjadi sarana tambahan untuk pemprov maupun pemkab termasuk FTI Pusat untuk mencari atlet-atlet Triathlon terbaik yang bisa dibina dan ditingkatkan prestasinya di event-event berikutnya. 

"Saya kira itu tujuannya. Semoga kita bisa menjaring atlet-atlet yang terbaik," kata Pangdam. 

Pangdam mengatakan, International Triathlon Open Tournament Piala Panglima TNI merupakan penyelenggaraan Triathlon di Indonesia dengan peserta terbanyak. 

Ia berharap semuanya bisa selesai dengan lancar tanpa hambatan apapun dan event ini juga diharapkan bisa menjadi agenda rutin tahunan setiap kali merayakan HUT TNI. 

Hal senada juga diharapkan Sekjen Pengurus Pusat FTI, Ahyar. Ia berharap event ini bisa menjadi agenda rutin dan juga dijadikan ajang untuk mendatangkan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri.

"Olahraga Triathlon itu salah satu cabang olahraga yang diminati sekarang. Banyak kota di Indonesia sekarang ini menyelenggarakan olahraga Triathlon untuk mendatangkan wisatawan dari dalam dan luar negeri," ujar Ahyar. 

Nantinya, sambung Ahyar, penyelenggaraan event ini bisa nanti dikolaborasikan dengan Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata. Jadi, bukan hanya murni olahraga tetapi juga bisa mempromosikan daerahnya sehingga banyak peserta yang datang dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. 

Ahyar mengatakan, olahraga Triathlon ini termasuk salah satu cabang olahraga militer sehingga ini sangat cocok diselenggarakan setiap memperingati HUT TNI. 

"Triathlon ini juga dipertandingkan secara internasional juga di Olympic Army. Dulu ada atlet kita juga pernah mengikuti Olympic Army dan alhamdulillah membawa pulang medali," terangnya. 

Rute International Triathlon Piala Panglima TNI 

Wakajasdam V Brawijaya Letkol Arinta C Noegraha menyampaikan, event bergengsi ini menghadirkan beragam kategori peserta yang bersaing dengan sportivitas. Mulai dari kategori Age Group dengan rentang usia yang berbeda, hingga kategori Mix Estafet yang diikuti oleh 308 tim dan kategori khusus TNI/Polri serta Youth Elite. 

Para peserta diberikan tantangan dalam tiga materi lomba, yakni renang sejauh 750 meter di Danau Unesa, sepeda sejauh 20 KM dari Unesa hingga Markas Kodam V Brawijaya dan lari sebanyak 5 KM di sekitar markas tersebut. 

"Rute lomba ini melintasi beberapa jalan utama Surabaya, menampilkan panorama kota," ujar Arinta saat ditemui disela-sela kesibukannya. 

Selain ajang perlombaan, kegiatan ini juga menghadirkan berbagai hiburan di Makodam V Brawijaya selama tiga hari berturut-turut. 

"Termasuk panggung hiburan, stand kuliner, dan bazar yang menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana kebersamaan dan kemajuan olahraga," ujarnya. 

Sebagai penyelenggara, panitia International Triathlon Open Tournament Piala Panglima TNI Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada warga Surabaya dan sekitarnya apabila ada ketidaknyamanan selama acara berlangsung. (*)

Pewarta : Syarifah Latowa
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.