https://jatim.times.co.id/
Berita

Terinspirasi Keunikan Nama Banyuwangi, Musisi Reggae Gelar Konser Akbar

Jumat, 26 Juli 2024 - 22:05
Terinspirasi Keunikan Nama Banyuwangi, Musisi Reggae Gelar Konser Akbar Penampilan Island Vibes Reggae Party 2024 saat konferensi pers di Gedung Tua Boom Marina, Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Sebagai kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain dikenal akan keindahan alam, budaya, adat dan destinasi pariwisatanya, nama ‘Banyuwangi’ juga memiliki makna mendalam.

Banyu (air) merupakan simbol kehidupan yang mengajarkan kerendahan hati. Sedangkan wangi (harum) adalah sebagai lambang pujian. Apabila digabung kedua kata tersebut merepresentasikan prestasi dan keberhasilan yang harus selalu diiringi dengan sikap bersyukur.

Kali ini, sejumlah musisi reggae yang tergabung dalam Island Vibes Reggae Party akan menggelar konser akbar di Banyuwangi pada 27 Juli 2024. Pertunjukan tersebut digelar di Bumi Blambangan bukan tanpa alasan, melainkan mereka tertarik dengan inspirasi keunikan nama Banyuwangi yang mengandung sarat dan makna.

Salah satu penyanyi reggae yang tergabung dalam Island Vibes Reggae Party, Conrad Good Vibration memaparkan alasan mengapa Banyuwangi masuk list tour album perdana Island Vibes Reggae Party. Menurutnya, Banyuwangi adalah tempat yang wajib dikunjungi sebelum melanjutkan roadshow yang lebih jauh lagi. 

“Kita mengawali dari Tangerang, tepatnya di barat Pulau Jawa dan kita harus mengakhiri diujung timur Pulau Jawa yakni Banyuwangi. Sebelum kita lebih ketimur dan kebarat lagi,” kata pria yang memiliki nama asli Coenradus Scholastika Bean Duli, saat konferensi pers Island Vibes Reggae Party 2024 di Gedung Tua Boom Marina, Banyuwangi, Jumat (26/7/2024).

Pria yang akrab disapa Conrad itu mengaku kagum dengan Banyuwangi dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lainnya. Bahkan pihaknya berharap musik Reggae di Indonesia sama seperti Banyuwangi.

Dijelaskan Conrad, reggae terkenal akan stigma negatif dan stereotip bahwa dekat dengan ganja. Karena itu, pihaknya ingin menghapus pandangan tersebut agar reggae bisa wangi seperti Banyuwangi yang memiliki tour de Banyuwangi ijen, Banyuwangi Jazz Festival dan lain sebagainya. 

“Saya pikir reggae harus ada di kota ini (Banyuwangi), untuk menggaungkan sesuatu yang pantas digaungkan. Bahwa kami dari reggae indonesia ingin bilang ke masyarakat bahwa sesuatu yang terlihat pandangan masyarakat negatif dan segala macam harus dipatahkan dengan hadirnya Island Vibes Reggae Party 2024,” terangnya.

Sementara itu, Project Director Island Vibes Reggae Party, Aulia Mahariza menilai Banyuwangi adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki fanbase reggae yang cukup besar. Sehingga pihaknya memasukkan Bumi Blambangan dalam list roadshow konsernya. 

“Setelah kita diskusikan bersama teman-teman untuk promo album kita ini, kita memilih Banyuwangi untuk melihat dan mendengar performance kita pada Malam Minggu besok,” ujar Aulia.

Sebagai informasi, Island Vibes Reggae Party 2024 Tour akan tampil di Pantai Boom Marina Banyuwangi pada tanggal 27 Juli 2024. Dengan menghadirkan musisi reggae mulai dari Coconuttreez, Richard D GIlis, S2B Family hingga beberapa musisi reggae papan atas lainnya. (*)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.