https://jatim.times.co.id/
Berita

Mahasiswa ITN Malang Lolos TEEP 2024 ke Tatung University Taiwan

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:47
Mahasiswa ITN Malang Lolos TEEP 2024 ke Tatung University Taiwan Mahasiswa ITN Malang yang lolos dalam TEEP 2024 di Tatung University Taiwan. (Foto: Istimewa)

TIMES JATIM, MALANG – Seorang mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Praisela Ivane Stefandra berhasil mengikuti Taiwan Experience Education Program (TEEP) 2024 ke Tatung University Taiwan. Setelah dinyatakan lolos, mahasiswi Prodi Teknik Kimia ini akan menjalani visiting student selama 5 bulan, mulai 30 Juni hingga 30 November 2024.

TEEP merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah Taiwan untuk mendorong mahasiswa internasional dapat berpartisipasi dalam kegiatan magang internasional jangka pendek yang diadakan oleh universitas-universitas terbaik di Taiwan.

Kegiatannya berupa mengikuti perkuliahan secara umum, dan riset yang dijalankan oleh profesor yang telah ditunjuk. Mahasiswa program TEEP akan mendapat beasiswa bulanan selama 5 bulan untuk menutupi biaya selama di Taiwan.

Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D. menyatakan apresiasinya kepada tim Prodi Teknik Kimia yang telah menginisiasi dan membantu keberangkatan mahasiswanya ke Tatung University.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi ITN Malang memberangkatkan mahasiswanya joint research ke Tatung University. Sekaligus kedepannya bisa membangun networking dengan universitas-universitas di luar negeri,” ujar rektor.

Menurut rektor, dalam tahun ini institusi berencana menindaklanjuti membangun kerja sama dengan Tatung University. Sehingga di tahun-tahun selanjutnya selain mahasiswa Teknik Kimia mahasiswa prodi lain di lingkungan ITN Malang juga bisa berperan serta ikut program TEEP.

Diketahui, ini bukan kali pertama ITN Malang mengikutkan mahasiswanya program visiting student, maupun program perkuliahan dengan universitas luar negeri. Sebelumnya, pada masa pandemi beberapa mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Mesin ITN Malang pernah mengikuti perkuliahan secara daring di Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Mahasiswa-ITN-Malang-2.jpg

Selama mengikuti program tersebut, mahasiswa yang akrab disapa Sela itu akan terlibat dalam riset dengan topik “Preparation and characterization of Pd based electrolyst for fuel cells" di bawah bimbingan Profesor Yuh-Jing Chiou. Sela mendapat kesempatan visiting research assistant di Department of Chemical Engineering and Biotechnology, Tatung University.

“Di Tatung University rencananya kami mengerjakan riset. Saya bergabung dengan Prof. Yuh-Jing Chiou, dan sebelumnya kami sudah berkomunikasi lewat email,” ucapnya.

Risetnya yang berhubungan dengan bahan bakar hampir sama dengan konsentrasi yang ia ambil di Prodi Teknik Kimia ITN Malang. Sehingga dia tidak begitu kesulitan dalam mendalami topik tersebut.

Sebelum lolos dalam TEEP 2024, mahasiswa yang juga asisten Laboratorium Teknik Kimia ini juga sempat lolos Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) Kemendikbudristek 2024. Prestasi moncer di bidang akademik dan organisasi bagi Sela tidaklah cukup untuk berangkat ke Tatung University. Ia pun membekali skill-nya dengan dua bahasa, Inggris dan Mandarin.

“Bahasa Inggris sehari-hari bisa. Namun juga perlu mengasah untuk memahami bahasa yang berkaitan dengan akademik/riset, karena saya juga menyiapkan presentasi-presentasi dalam Bahasa Inggris. Kalau Mandarin bersyukur sejak SD sudah mempelajari, jadi tinggal diulang lagi,” ungkapnya.

Mengirimkan mahasiswanya ikut program TEEP merupakan peluang dan langkah baru bagi Prodi Teknik Kimia S-1 ITN Malang. Kaprodi Teknik Kimia S-1 ITN Malang, Ir. Rini Kartika Dewi, ST., MT., menyatakan, prodi mengirimkan dua mahasiswa untuk diseleksi, namun yang berhasil lolos adalah Praisela Ivane Stefandra.

“Prodi sangat men-support adanya pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Program ini menjadi jalan bagi ITN Malang khususnya Teknik Kimia untuk mengadakan kerja sama dan pertukaran mahasiswa dengan universitas luar negeri,” ujar Rini. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.