https://jatim.times.co.id/
Berita

Pernik Sumpah Pemuda dalam Festival Bulan Bahasa, Sarat Literasi dan Kreasi Nusantara

Senin, 28 Oktober 2024 - 17:13
Pernik Sumpah Pemuda dalam Festival Bulan Bahasa, Sarat Literasi dan Kreasi Nusantara Salah satu penampilan tari kreasi Nusantara, pada pentas Festival Bulan Bahasa dalam nuansa kebhinekaan oleh pelajar MTsN 6 Malang, Kabupaten Malang, memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2024. (Foto Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Sumpah Pemuda 28 Oktober diperingati dengan apel Sumpah Pemuda oleh pelajar se Kabupaten Malang, Senin (28/10/2024). Peringatan Sumpah Pemuda ini juga dimeriahkan berbagai pernik kreativitas dalam kebhinekaan Indonesia. 

Seperti digelar di MTsN 6 Malang, peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan mengadakan Festival Bulan Bahasa, diikuti seluruh siswa dan GTK madrasa setempat. Kegiatan tersebut dibuka denga66n6 Upacara Hari Sumpah Pemuda, kemudian dilanjutkan kemeriahan berbagai lomba Festival Bulan Bahasa yang diikuti dengan penuh 6agantusias. 

Kepala MTsN 6 Malang Pono, dalam amanatnya saat menjadi pembina upacara menyampaikan motivasinya, bahwa dengan semangat belajar tinggi, kelak siswa-siswi MTsN 6 Malang dapat menjadi pemimpin bangsa masa depan. 

"Meskipun madrasah kita berada di pinggiran, bukan di tengah kota, Saya yakin kalian semua mampu menunjukkan potensi kalian dan bisa lebih unggul," kata Pono. 

Ia juga mengingatkan anak didinya, yang akan menjadi pemuda yang 20 tahun mendatang menggantikan sebagai calon pemimpin bangsa. 

"Oleh sebab itu, kalian harus mempersiapkan diri mulai hari ini, belajar dengan baik dan bersungguh-sungguh" pesannya. 

Dalam rangkaian Sumpah Pemuda ini, kesungguhan belajar siswa-siswi MTsN 6 Malang terlihat, dengan penampilan mereka mengikuti berbagai lomba. Tampil di atas panggung Festival Bulan Bahasa, tampak apa yang disuguhkan dengan persiapan luar biasa.

Kreativitas yang ditunjukkan pelajar MTsN 6 Malang dalam festival ini, diantaranya menampilkan berbagai kreasi tari Nusantara. Penampilan beragam kreasi dengan kostum yang berbeda-beda ini, sebagai upaya menanamkan karakter kebhinekaan. 

"Tarian yang ditampilkan kebanyakan tari kreasi dari anak-anak sendiri. Sebagian ada beberapa tari tradisonal daerah, semisal dari Bali, Jawa, Aceh, dan bahkan tari Malangan," terang waka humas MTSN 6 Malang, Syamsul Hadi.

Salah satu penampilan tari kreasi yang begitu apik adalah tari berjudul Cokro Manggilingan, dibawakan tiga penari siswa kelas 9B. Tarian kreasi ini juga mendapatkan penghargaan salah satu penampilan kreasi terbaik. 

Ditambahkan Hadi, Festival Bulan Bahasa dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ini juga diisi acara bertema literasi yakni, dengan lomba musikalisasi puisi, story telling, resensi buku, bedah buku, juga desain logo perpustakaan. 

Semangat Hari Sumpah Pemuda juga diperingati pelajar di SMPN 5 Kepanjen, Kabupaten Malang. Selain, melaksanakan upacara peringatan Sumpah Pemuda, juga dilanjutkan peragaan busana nusantara dengan kostum dan pernik baju adat daerah. 

Bersamaan dengan upacara ini, dilakukan pelantikan pengurus OSIS oleh Kepala SMPN 5 Kepanjen, Sinyamin, dalam baju adat nusantara yang dikenakan tiap siswa. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.