https://jatim.times.co.id/
Wisata

Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Olah Habis Sampah Wisata

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:30
Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Olah Habis Sampah Wisata Obyek wisata Selecta menasbihkan diri menjadi obyek wisata nol sampah, karena semua sudah diolah menjadi bahan yang berguna. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATU – Jangan ditanya berapa banyak volume sampah wisata di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, bisa dibayangkan gelombang wisatawan yang datang menggunakan ratusan bus dalam sehari pasti menghasilkan banyak sampah. Menariknya taman rekreasi ini mampu mengolah habis sampah wisata ini.

Taman rekreasi yang dimiliki oleh warga Desa Tulungrejo dan sekitarnya ini menggunakan konsep reuse, reduce dan recycle untuk sampah anorganik, sementara untuk sampah organik diolah menjadi pupuk kompos dan pupuk cair.

Kompos dan pupuk cair ini pun dimanfaatkan untuk memupuk tanaman hias dan pakan ikan yang selama ini memang menjadi salah satu daya tarik wisata di Taman Rekreasi ini.

"Sejak TPA Tlekung ditutup kita mengolah sendiri sampah kita, beberapa kali kita bekerja sama dengan beberapa pihak, hingga kita bisa mewujudkan zero waste atau nol sampah di taman rekreasi kita," ujar Direktur Selecta, Sujud Hariadi.

Selecta-2.jpg

Sampah di Taman Rekreasi Selecta ini mencapai puluhan ton sampah organik dan an organik per bulannya.

Ada sepuluh pengolahan sampah yang dilakukan tempat wisata Selecta, yaitu Selecta nursery garden, produk kerajinan, pengelohan briket, pengolahan HD kresek, pengolahan kardus, nilai ekonomi plastik, pakan ternak, pupuk cair, pupuk kompos dan pengolahan sampah residu.

Keberhasilan ini yang membuat Selecta menasbihkan dirinya menjadi satu-satunya obyek wisata di Indonesia sebagai obyek wisata Zero Waste atau nol sampah.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bangga dengan prestasi yang ditorehkan Tempat Wisata Selecta. Ia berharap hal ini bisa dicontoh oleh 107 obyek wisata lainnya di Kota Batu.

"Permasalahan sampah adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya Pemerintah, termasuk pengelola tempat wisata. Apa yang ditorehkan PT Selecta merupakan contoh agar seluruh tempat wisata di Kota Batu nantinya akan bebas sampah," kata Aries.

Selecta-3.jpg

Pj Aries juga menegaskan bahwa permasalahan sampah jika dikerjakan dengan serius, akan bernilai guna dan menghasilkan. Dibutuhkan tangan tangan kreatif dan kesungguhan, sehingga permasalahan sampah dapat diatasi dan memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi tempat wisata.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Harianto menyampaikan rasa bangga bahwa PT Selecta berani membranding sebagai Tempat Wisata Zero Waste. Hal ini mengingat, permasalahan sampah merupakan isu bukan hanya nasional juga internasional.

"Sampah merupakan isu aktual nasional bahkan internasional. Contoh sukses PT Selecta dengan berani membranding sebagai Tempat Wisata Zero Waste, dan semoga menjadi inspirasi daerah dan pelaku usaha lain," ungkapnya. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.