https://jatim.times.co.id/
Wisata

Wisata Ranu Agung, Danau yang Dikelilingi Tebing Bebatuan di Probolinggo

Sabtu, 31 Desember 2022 - 06:06
Wisata Ranu Agung, Danau yang Dikelilingi Tebing Bebatuan di Probolinggo Keindahan obyek wisata Ranu Agung di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGOWisata Ranu Agung di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, adalah sebuah danau yang dikelilingi tebing menjulang. Berada di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, obyek wisata yang satu ini semakin memikat para wisatawan, apalagi pada momen liburan tahun baru 2023.

Wisata Ranu Agung ini terbilang sebagai danau terindah di Provinsi Jawa Timur. Di sini, selain dimanjakan dengan pemandangan air berwarna biru, wisatawan juga bisa melihat keindahan tebing bebatuan yang mengelilingi danau itu.

Pengunjung bisa menyewa jasa perahu atau rakit dari bambu, berkeliling melihat terbentangnya bebatuan di sekililing danau dengan seluas sekitar 70 meter. Jika dilihat sekilas, dinding bebatuan itu tampak seperti pohon beringin.  

Meski letak Ranu Agung berada di datarang tinggi Kabupaten Probolinggo, namun setiap liburan akhir pekan banyak dikunjungi wisatawan lokasi dan luar daerah.

Tak perlu merogoh kocek banyak untuk menggunakan jasa fasilitas rakit yang disediakan pihak pengelola. Rakit tersebut mampu menampung sebanyak delapan orang. Oleh nakhoda perahu atau rakit dari bambu itu, kita dimanjakan melihat pemandangan di sekeliling danau, dari sisi utara, barat, selatan dan timur.

Ranu-Agung-2.jpgFasilitas rakit dai bambu untuk pengunjung di Ranu Agung.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

Untuk menuju ke lokasi danau, pengunjung berjalan kaki dari lokasi parker motor atau mobil dengan menempuh jalanan menurun sejauh sekitar 1 kilometer. Begitu juga sebaliknya, saat akan kembali ke lokasi parkir, pengungjung harus menempuh jalan tanjakan yang lumayan terjal.

Tapi tak perlu khawatir, pengunjung tidak akan berjalan di jalanan licin, karena saat ini jelaur menuju danau sudah dibangun tangga dari beton oleh pemkab setempat. Untuk keamanan sekaligus mempermudah pengunjung saat mengakses jalur utama menuju lokasi wisata Ranu Agung.

Jalur rabat beton dengan pagar pengaman yang kokoh tersebut rampung pembangunannya sejak akhir tahun 2018 silam, dibuat berundak dengan sekitar 250 anak tangga agar nyaman dilalui. Sebelumnya jalur ini hanya berupa jalan setapak tanah sejauh kurang lebih 100 meter dengan kontur curam, sehingga relatif berisiko untuk mengaksesnya terlebih pada musim hujan.

Jika kita menjelajahi keindahan Kecamatan Tiris, wilayah yang diapit Pegunungan Hyang/Argopuro dan Gunung Lemongan, ternyata mempunyai banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik bahkan lebih menantang.

Berada di ketinggian antara 700 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut, Tiris menyimpan keindahan alam yang tidak akan membuat traveler bosan untuk mengunjunginya. Salah satu keindahan alamnya adalah ranu atau danau alami.

Ada Ranu Agung, Ranu Segaran, Ranu Segaran Kidul, Ranu Merah dan Ranu Gedang. Semua dapat dinikmati sekaligus saat berkunjung ke Tiris.

Selain itu, juga ada objek wisata lainnya yang wajib dikunjungi. Yaitu Candi Kedaton, Air Terjun Mukjizat, Pemandian Air Panas dan destinasi rafting. Yuk, kita liburan tahun baru di wisata Ranu Agung di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.(*)

Pewarta : Dicko W
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.