https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Pimpinan 9 PTKIN Eks IAIN Sunan Ampel Rapatkan Barisan Hadapi Perubahan

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:35
Pimpinan 9 PTKIN Eks IAIN Sunan Ampel Rapatkan Barisan Hadapi Perubahan FGD yang digelar oleh Persemakmuran PTKIN eks IAIN Sunan Ampel Surabaya di Kota Batu, 23 -25 Oktober 2024. (FOTO: Istimewa)

TIMES JATIM, BATU – Para rektor dari 9 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang tergabung dalam Persemakmuran PTKIN eks IAIN Sunan Ampel Surabaya berkumpul di Kota Batu sejak 23 -25 Oktober 2024. Mereka hadir kesana dalam rangka Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antar perguruan tinggi menuju konsep "Sustainable University."

Beberapa pimpinan PTKIN yang hadir dalam acara ini antara lain; Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Akhmad Muzakki, M.Ag., Grad. Dip. SEA., M.Phil., Ph.D, Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I, dan Ketua Senat UIN Sayyid Ali Rahmatullah Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag, dan lainya.

FGD-2.jpg

FGD ini menjadi wadah penting untuk mempererat kerja sama dan kolaborasi antara sembilan PTKIN.  Para pimpinan perguruan tinggi ini fokus pada sinergi untuk meningkatkan kualitas kelembagaan dalam aspek akademik, riset, dan pengabdian masyarakat.

Rektor UIN Malang, Prof. Zainuddin, menekankan pentingnya silaturahmi dan kolaborasi untuk membahas isu-isu strategis yang dapat memperkuat posisi PTKIN di tingkat nasional dan internasional.

“Pertemuan ini merupakan kesempatan untuk bersinergi. Kita tidak boleh melewatkan peluang untuk mendiskusikan langkah strategis yang akan membuat PTKIN eks IAIN Sunan Ampel semakin diperhitungkan,” ujarnya.

Salah satu langkah konkret yang telah dijalankan adalah program KKN Nusantara Persemakmuran, yang menunjukkan kolaborasi nyata di antara PTKIN eks IAIN Sunan Ampel. Selain itu, FGD ini juga membahas rencana pengembangan program student exchange ke Turki dan Eropa, kerja sama riset internasional, serta peningkatan jaringan dengan perguruan tinggi luar negeri, termasuk di Bangkok.

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Muzakki menekankan pentingnya kesiapan dalam menghadapi perubahan sistem pemerintahan baru dan perlunya pembenahan data yang terintegrasi dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Kita harus melek data, termasuk data pendaftar dan pangkalan data akademik, agar siap beradaptasi dengan transformasi kelembagaan yang sedang berlangsung,” jelasnya.

Forum ini diharapkan menjadi langkah maju dalam mewujudkan PTKIN yang berdaya saing global dengan konsep sustainable university. Kolaborasi antara institusi di bawah payung eks IAIN Sunan Ampel diyakini akan memperkuat peran PTKIN dalam pengembangan akademik, riset, dan pengabdian masyarakat di masa depan.

Acara ini juga menjadi momentum bagi para pimpinan perguruan tinggi untuk mempererat hubungan dan membahas tantangan bersama yang dihadapi masing-masing institusi. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.