https://jatim.times.co.id/
Berita

Pelaku UMKM Gresik Didorong Kuasai Pemasaran Digital

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:50
Pelaku UMKM Gresik Didorong Kuasai Pemasaran Digital Pelaku UMKM di Kabupaten Gresik saat mengikuti pelatihan bidang pemasaran digital (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik Jawa Timur terus didorong untuk menguasai pemasaran digital.

Untuk itu, mereka mengikuti pelatihan Strategi Pemasaran Digital kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Gresik di Grand Ballroom Hotel Horison, Kabupaten Gresik. 

Pelatihan diikuti oleh 42 pelaku UMK dari bidang fesyen, kuliner, hingga kerajinan (craft) berdasarkan rekomendasi Diskoperindag Gresik.  Peserta pelatihan berasal dari 4 kecamatan di kabupaten Gresik, yaitu Kecamatan Kebomas, Gresik, Cerme dan Manyar.

Pelatihan yang diberikan antara lain strategi digital marketing dengan optimalisasi e-commerce dan media sosial, pengelolaan informasi produk.

Kemudian, peserta juga diajak praktik packaging produk yang efektif, pembukuan transaksi, hingga mindset dalam membangun relasi usaha untuk meningkatkan jaringan pemasaran produk.

Koordinator Bidang TJSL Kementerian BUMN, Fahrudin Mustamin yang turut hadir dalam kegiatan memberikan apresiasi positif kepada Semen Indonesia Group (SIG) atas penyelenggaraan pelatihan strategi pemanfaatan digital.

"Kami apresiasi SIG sebagai perusahaan BUMN menjalankan fungsi agen pembangunan dan membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat," katanya, Kamis (24/10/2024).

Menurut Fahrudin, saat ini UMKM di Indonesia menghadapi berbagai tantangan seperti peningkatan kapasitas, mutu dan skill (access to capabilities) serta peningkatan pasar. 

Dia menyatakan, pelatihan seperti yang dilakukan SIG ini mampu menjawab tantangan UMKM di Indonesia. 

“Kami harap pelatihan ini mampu menjadi sarana belajar dan berkembang bersama. Tidak hanya dalam hal kapasitas tapi juga pendapatan karena harus optimis mampu go digital bahkan go global,” imbuh Fahrudin.

Pada kesempatan yang sama, SIG juga memberikan bantuan 1 alat memasak kue berupa oven kepada peserta dari kelurahan Gending, kecamatan Kebomas, Nunuk Sovi Yuniarti. 

Sebagai pelaku UMK yang memiliki konsumen tetap, Nunuk mengakui belum mengoptimalkan pemasaran digital karena masih ada kekhawatiran dalam mengelola pesanan dalam jumlah banyak. 

“Saya baru pertama kali ikut pelatihan digital seperti ini dari SIG jadi saya bisa belajar banyak. Dari yang tidak kenal jadi kenal, sehingga mampu membuka potensi perluasan pasar. Terima kasih atas pelatihan dan bantuan yang diberikan pada kami pelaku UMK,” ungkap Nunuk.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, pihaknya selalu berkomitmen mendukung kemajuan UMKM di Indonesia untuk memperkuat perekonomian daerah.

Inisiatif ini merupakan langkah perusahaan untuk membantu UMKM tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

"UMKM memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mendukung pemberdayaan masyarakat," ucapnya. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.