https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Rayakan Hari Sumpah Pemuda, Ubaya Bagikan Beasiswa ke Lebih dari 2000 Mahasiswa

Senin, 28 Oktober 2024 - 20:35
Rayakan Hari Sumpah Pemuda, Ubaya Bagikan Beasiswa ke Lebih dari 2000 Mahasiswa Rektor Ubaya Benny Lianto (kiri) beserta wakil rektor dan para dekan fakultas membagikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi saat upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2024). (Foto: Dok.Humas Ubaya)

TIMES JATIM, SURABAYA – Pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Universitas Surabaya (Ubaya) membagikan beasiswa kepada 2.165 mahasiswa.

Pemberian beasiswa dilakukan saat upacara bendera pada Senin (28/10/2024) di lapangan depan perpustakaan, Kampus Ubaya Tenggilis. Tak hanya itu, pada upacara tersebut seluruh sivitas akademika Ubaya serentak memakai baju adat. 

Kategori beasiswa yang diberikan Ubaya terdiri dari beasiswa prestasi kurikuler, beasiswa prestasi olahraga dan seni, beasiswa prestasi penalaran dan kreativitas, beasiswa aktivis, serta beasiswa bantuan biaya pendidikan simpati.

Total 2.165 beasiswa tersebut meliputi beasiswa pendanaan murni dari Ubaya yang diterima oleh 2.073 mahasiswa, beasiswa dari pemerintah yang diberikan kepada 58 mahasiswa, dan beasiswa dari partisipasi masyarakat untuk 34 mahasiswa.

Wakil Rektor III Ubaya Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. apt. Christina Avanti, menyebut beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan dana biaya pendidikan per semester (Uang Penyelenggaraan Pendidikan), uang saku, dan atau bantuan biaya studi lainnya. 

“Harapannya para penerima beasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Mereka dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan dan menjadi pemimpin yang berintegritas serta berkontribusi bagi masyarakat dan negara. Selain itu, pemberian beasiswa ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak generasi muda untuk mengejar pendidikan tinggi tanpa terkendala masalah finansial,” jelas Prof. Christina 

Ia menambahkan, beasiswa diberikan bertepatan dengan momen perayaan Hari Sumpah Pemuda untuk mendorong semangat kepemudaan, nasionalisme, dan peran aktif generasi muda dalam pembangunan bangsa.

Tak hanya dirayakan dengan pemberian beasiswa, Hari Sumpah Pemuda kali ini dirayakan Ubaya dengan serentak memakai baju adat saat upacara. Baju adat dipakai oleh jajaran pimpinan Ubaya, dosen, tenaga kependidikan, hingga seluruh mahasiswa.

Prof. Christina mengatakan, hal ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kebhinekaan dan persatuan di tengah keberagaman budaya Indonesia yang selama ini telah dilakukan Ubaya.

“Ubaya ingin menyampaikan pesan pentingnya peran pemuda dalam menjaga semangat kebangsaan, persatuan, dan kesatuan di tengah keberagaman. Dengan menonjolkan pakaian adat, kegiatan ini memberikan pesan bahwa meskipun Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya, semua bersatu dalam satu semangat sebagai bangsa Indonesia. Konsep ini juga ingin menegaskan kembali pentingnya Sumpah Pemuda sebagai tonggak persatuan bangsa,” pungkas Prof. Christina. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.